Manfaat Kemasan untuk Produk UMKM

Kemasan merupakan salah satunya point utama dari sebuah produk, tidak kecuali produk UMKM. Sekarang ini, kemasan bukan hanya dipakai sebagai perlindungan produk saja tetapi kemasan dipakai sebagai media promo agar bisa menarik customer hingga customer mempunyai keputusan untuk beli produk itu.

Kemasan untuk Produk UMKM

Manfaat Kemasan untuk Produk UMKM

Salah satunya pendorong perekonomian Indonesia ialah Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Kehadiran UMKM tidak bisa dilepaskan dari kemajuan ekonomi warga bangsa Indonesia sebagai penghasilan dan kreativitas usaha, sekaligus juga menjadi gerbang penyerap tenaga kerja dan mengurangi tingkat pengangguran.

Sejauh ini, banyak program pendayagunaan UMKM lebih ke konsentrasi di hasil produksinya tetapi tidak dengan kemasan yang dipakai. Walau sebenarnya, kemasan produk bisa memberikan dukungan program dari pendayagunaan UMKM juga.

Secara umum mengapa kemasan perlu diberikan dukungan kepada pelaku UMKM adalah kemasan produk bisa menjadi satu diantara jalan keluar supaya UMKM bisa maju terus dan berkompetisi dengan beberapa produk sama di pasaran.

Berikut ini beberapa manfaat kemasan untuk produk program usaha UMKM:

1. Perlindungan dan Menjaga kualitas Produk

Kemasan bisa memberikan dukungan program UMKM dengan membuat perlindungan beberapa produk UMKM dari risiko eksternal yang ada, seperti air, cairan beresiko, udara, dan sinar matahari langsung. Dengan memakai kemasan, produk UMKM didalamnya akan mempunyai perlindungan penuh. Kemasan juga dapat menjaga kualitas produk yang berada di dalamnya. Dengan demikian ini menjadi alasan mengapa perlu menggunakan kemasan supaya hasilkan produk yang kwalitasnya tetap terjaga.

Baca juga:  Kebersihan Langkah Awal Dagang Pintar di Tengah Wabah Corona

2. Mempermudah Proses Distribusi

Tidak disangkal jika sekarang ini UMKM didorong agar bisa meluaskan pasar dengan mengirim produknya ke beragam wilayah di Indonesia bahkan juga ke Luar Negeri. Kemasan bisa memberikan dukungan produk UMKM yang akan memperlebar pasarnya dengan menjaga produk masih tetap aman, seperti di poin 1, dan mempermudah proses pendistribusian barang.

3. Jadi keunikan produk

Sekarang ini, banyak produk dengan beragam merk datang di pasaran. Hingga, UMKM harus menaikan daya saingnya agar bertahan di dalam pasaran. Hingga, kembali lagi kemasan bisa memberikan dukungan produk UMKM itu dengan usaha membandingkan kemasan produknya dengan kemasan produk yang lain semacam hingga customer akan gampang untuk membandingkan produk yang dibuat perusahaan yang diartikan dengan beberapa produk perusahaan kompetitor atau dengan singkat jadi sebuah keunikan dari produk itu.

4. Jadi daya magnet

Sekarang ini, banyak UMKM yang sadar jika kemasan bisa memberikan dukungan program UMKM hingga mereka membuat kemasan yang menarik. Beberapa produk UMKM yang terpampang di rak-rak supermarket harus dibuat sangat menarik seperti kemasan desain standing pouch hingga customer akan ambil dan tertarik. Apa lagi sekarang ini banyak tempat perbelanjaan yang self servis, hingga customer mempunyai kelonggaran saat menentukan produk. Oleh karena itu, kemasan penting menjadi daya magnet untuk customer.

Baca juga:  Diklat Bimtek Pengelolaan Pajak

Panduan Memilih Kemasan untuk Produk UMKM

Setelah mengetahui manfaat kemasan di atas, maka pelaku UMKM seharusnya tidak memilih kemasan produk baik itu untuk kemasan makanan maupun minuman dengan asal-asalan. Berikut sebagai beberapa panduan saat memilih kemasan untuk produk UMKM:

1. Material kemasan

Hal pertama kali yang harus dilaksanakan adalah material kemasan yang dipakai. Mateial kemasan harus sesuai dengan karakter dari produk UMKM agar dapat menjaga produk itu dengan maksimal. Selainnya untuk kebutuhan produk, material punya pengaruh pada nilai produk UMKM itu.

2. Wujud kemasan

Pilih wujud kemasan yang pas, cocok atau sesuai dengan produk. Hal ini dikarenakan tiap wujud kemasan mempunyai karakter berbeda yang perlu disamakan dengan produk yang ada.

3. Info pada kemasan

Tidak bisa disangkal jika kemasan yang bagus ialah kemasan yang tampilkan info tentang produk secara jelas. Supaya kemasan bisa memberikan dukungan produk UMKM maka perlu memberikan beberapa informasi yang terang, seperti manfaat produk, faedah produk, bahan produk, anjuran penyimpanan, anjuran penyuguhan dan beberapa informasi yang lain yang berkaitan lewat produk UMKM itu. Dalam kemasan juga dianjurkan untuk tempatkan identitas UMKM seperti simbol atau nama.

Baca juga:  Ciri Jasa Penulis Artikel Jogja Kualitas Terbaik

4. Komponen design

Pada intinya manusia ialah makhluk yang tertarik sama segi visual. Untuk itu, buatlah produk dengan memerhatikan komponen bentuknya yang mempunyai penampilan menarik dan bisa juga menarik perhatian customer dan menaikkan pemasaran produk itu. Dan kemasan bisa memberikan dukungan produk UMKM untuk menaikkan penjualan. Jangan lupa, pakailah gambar yang memikat dan warna yang eye catching dalam produk.

Anda bisa konsultasi dengan Supernova Digipack untuk memilih kemasan yang cocok dengan produk UMKM. Terlebih Supernova Digipack sebagai jasa pembuat kemasan yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun menyediakan beragam kemasan untuk banyak merek perusahaan dan UMKM.

Ingin punyai kemasan yang bisa memberikan dukungan produk usaha UMKM Anda? Kontak Supernova Digipack saat ini di sini ya!

 

Manfaat Kemasan untuk Produk UMKM

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *