2 Investasi Penting yang Kerap Terlupakan

Investasi Otak dan Investasi Kesehatan

Tidak bisa dipungkiri, investasi saat ini sudah mulai merambah pada masyarakat kelas menengah. Dulu investasi adalah ranah para orang kaya atau milyader. Namun, tidak saat ini. Meskipun nilainya tidak sebesar para jutawan, investasi untuk kelas menengah sudah banyak modelnya. Mulai dari reksadana, investasi unitlink (asuransi merangkap investasi), menabung logam mulia, saham, dll. Buku-buku dan seminar seputar investasi ini pun sudah kerap beredar di pasaran.

2 Investasi Penting yang Kerap Terlupakan

Meski demikian ada 2 investasi yang kerap dilupakan oleh kebanyakan masyarakat kelas menengah yang mulai berpikir untuk berinvestasi, yaitu Investasi Otak dan Investasi Kesehatan

1. Investasi Otak 

Selama ini kata investasi selalu dihubung-hubungkan dengan finansial atau keuangan. Padahal investasi tidak melulu tentang itu. Malah yang jauh lebih penting daripada investasi keuangan adalah investasi otak. Investasi ini bentuknya bisa berupa buku, seminar ataupun workshop.

Kenapa investasi otak jauh lebih penting daripada investasi bidang keuangan?

  • Berapa banyak masyarakat kita yang tergiur dengan paparan keuntungan investasi uang yang ditawarkan, namun karena ketidaktahuan yang cukup malah merugi. Tentu tidak sedikit.
  • Berapa banyak masyarakat yang kemudian merugi malah menyalahkan berbagai instrumen investasi tempat mereka menanamkan modal, padahal kerugiannya tidak lebih karena ketidaktahuan yang berakibat pada salah berinvestasi.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mulai terjun di bidang investasi, apapun instrumennya, ada baiknya Anda mencari tahu lebih dalam baik itu lewat buku, seminar ataupun workshop. Pastikan Anda paham istilah-istilah yang digunakan (yang mungkin terdengar sangat asing) dan juga paham bagaimana cara kerjanya. Dengan demikian, Anda bisa menilai tingkat resiko dan batas kemampuan Anda menanggung resiko bila investasinya gagal.

2. Investasi Kesehatan

Nah, kalau investasi yang satu ini tidak berhubungan langsung dengan masalah keuangan. Tujuannya pun bukan untuk mencari keuntungan layaknya investasi pada umumnya. Akan tetapi, kalau investasi ini diabaikan, resikonya malah bisa mengguncang kondisi keuangan Anda.

Investasi kesehatan bentuknya bisa macam-macam dan tidak melulu harus mengeluarkan uang. Mulai dari makanan sehat, suplemen penunjang, olahraga, dan pola hidup sehat.

Berapa banyak masyarakat kita yang mengabaikan investasi yang satu ini dengan alasan :

  • Tidak punya waktu berolahraga
  • Malas mendisiplinkan diri untuk menjalani pola hidup sehat
  • Tidak mau menyisihkan sedikit pendapatan untuk makanan yang lebih sehat.

Pernah ada yang bilang, “Mencoba hidup sehat, mungkin terasa agak mahal. Tapi kalau sudah sakit, masuk rumah sakit, habisnya bisa berapa banyak coba? Bisa-bisa harta yang dikumpulkan selama ini habis sia-sia cuma untuk pengobatan belaka.”

Hal itu benar. Meskipun kita punya asuransi kesehatan untuk mengcover itu semua, saya yakin setiap perusahaan asuransi memiliki batasan seberapa jauh mereka menanggung biaya berobat Anda.

Jadi mari kita sama-sama belajar dan menyeimbangkan 3 investasi penting dalam hidup kita yaitu investasi keuangan, investasi otak, dan investasi kesehatan.

 

2 Investasi Penting yang Kerap Terlupakan

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.