Memulai Bisnis Event Organizer (EO)

Untuk anda yang suka dengan bisnis bidang jasa dan entertainment maka event organizer adalah yang wajib anda ketahui tetapi bisa dikatakan ini dikategorikan sulit dan tidak mudah dan membutuhkan langkah-langkah yang berbeda.

Bisnis Event Organizer

Event organizer (EO) atau Penyelenggara acara adalah istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggara acara. EO sebagai penyelenggara acara, melakukan kegiatan mulai dari persiapan acara, berjalannya sebuah acara dan akhir dari acara secara professional.

Usaha Bisnis Pada Bidang Jasa

Event organizer biasanya digunakan oleh klien yang membutuhkan acara yang terorganisir secara professional untuk acara ulang tahun, acara pernikahan, acara perusahaan, sampai konser artis atau selebritis.

Karena yang diutamakan dalam event organizer adalah tanggung jawab dan keprofessionalitasan. Dengan demikian dapat memperoleh keuntungan yang memuaskan karena menggunakan jasa professionalitas jadi tarif bayaran dikatakan relatif tinggi dan jika telah menjadi usaha yang sudah ternama otomatis anda dapat memperoleh pendapatan yang melebihi kepuasan anda.

Meskipun begitu tetap saja bisnis ini seperti yang dikatakan diatas bukanlah suatu usaha yang dengan mudah bisa dikerjakan dan didirikan semudah bisnis lainnya. Dikarenakan banyak sekali langkah dan cara yang harus dimiliki dan diketahui yang bahkan orang lain tidak banyak yang mengetahuinya.

Baca juga:  Usaha Batik Motif Jumputan Khas Bojonegoro

Dan dibawah ini adalah hal yang harus anda pahami dan mengerti saat memulai bisnis event organizer dan berikut adalah yang kita harus ketahui bersama:

LEARN ATAU YANG DISEBUT JUGA MEMPELAJARI

Supaya dapat memulai jenis usaha atau bisnis tersebut sudah tentu pelaku usahanya sendiri juga mempelajari segala sesuatu yang bersangkutan dengan event organizer, dimulai dari cara membuat rundown atau schedule acara, hingga bagaimana cara mengorganisir prosesi acara yang akan terjadi pada nantinya lengkap dengan bermacam-macam antisipasi jika terdapat masalah. umumnya event organizer sendiri akan selalu berhubungan erat dengan dunia entertaiment yang tentunya harus dipelajari.

SDM [SUMBER DAYA MANUSIA]

Adapun juga learn atau belajar pastinya pelaku usahanya sendiri juga harus selektif dalam menyeleksi berbagai sumber daya manusia, hal tersebut dikarenakan pelaku usahanya tidak akan mungkin bisa mengerjakan aktivitas atau pekerjaan itu sendiri, apalagi saat mengorganisir acara yang sedang berjalan.

Baca juga:  Meraup Untung Dari Telur Ayam Arab

Maka untuk itulah mengapa dikatakan akan memerlukan sumber daya manusia yang pastinya sangat membantu pada nantinya, tetapi disini pelaku usahanya sendiri diharuskan untuk dapat menyeleksi para sumber daya manusia yang pastinya harus mempunyai sikap profesional.

RELASI DAN KONEKSI

melainkan dua langkah di atas, koneksi juga pastinya adalah salah satu aspek penting yang harus dipunyai oleh sebuah pengelola Event Organizer, dikarenakan daro koneksi tersebut pengelolanya akan memperoleh relasi untuk klien sampai untuk kebutuhan acara contohnya dekorasi, make-up, sound system, panggung, alat musik, sampai artis yang dibutuhkan untuk event. Selain koneksi pastinya perlengkapan lain seperti sebuah kantor lengkap dengan peralatannya akan diperlukan oleh sebuah event organizer.

Demikian di atas tadi yaitu sedikit ulasan tentang langkah dan cara memulai bisnis event organizer (EO) yang dapat kita ketahui bersama. Semoga sedikit informasi cara usaha atau bisnis di atas bisa membantu serta berguna untuk anda semuanya.

Salam Sukses

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *