Pengertian Pasar Modal Dan Manfaatnya

Untuk melakukan pengembangan dan perluasan usaha, pembangunan infrastruktur dan peningkatan modal kerja, sebuah perusahaan mencari sumber pendanaan (permodalan) dari masyarakat luas di pasar modal selain dari bank.

Pasar Modal 

Pengertian pasar modal secara umum adalah sarana untuk mendapatkan modal (dana) bagi perusahaan dan sebagai sarana bagi pemilik dana untuk berinvestasi. Modal (dana) yang dimaksud berbentuk saham, obligasi dan reksadana. Oleh karena itu, di pasar modal menyediakan berbagai fasilitas sarana dan prasarana kegiatan jual beli produk permodalan serta kegiatan terkait lainnya.

Dengan demikian, pasar modal merupakan sarana penghubung antara masyarakat yang memiliki modal dengan pihak yang membutuhkan modal. Masyarakat dapat menjadi investor dengan berinvestasi membeli Obligasi, Saham, Reksa dana yang diterbitkan oleh perusahaan melalui pasar modal.

Namun, dalam melakukan kegiatan jual beli produk pasar modal, investor memerlukan waktu dan keahlian dan terkadang modal yang relatif banyak. Hal ini disebabkan investor sudah menjadi pemegang saham, maka perusahaan tidak berkewajiban mengembalikan pokok dana. Keuntungan yang diperoleh dari investor adalah dividen dan kenaikan harga saham apabila kinerja perusahaan baik.

Manfaat Keberadaan Pasar Modal

Keberadaan pasar modal bisa memberi manfaat kepada perusahaan, pemerintah dan masyarakat.

Bagi perusahaan (Emiten), manfaat dari pasar modal antara lain:

  1. Pasar modal sebagai salah satu sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Dengan adanya pasar modal, perusahaan-perusahaan memiliki alternatif baru dalam mendapatkan sumber dana untuk kegiatan ekspansi selain dari pinjaman bank.
  2. Pasar modal sebagai tempat untuk penyebaran kepemilikan perusahaan kepada masyarakat meskipun dengan jumlah dana yang relatif kecil. Dengan demikian, pendapatan yang diperoleh perusahaan juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas yang memiliki saham perusahaan tersebut
  3. Dengan mendapatkan dana dari masyarakat luas maka perusahaan akan terbuka dan menjunjung tinggi profesionalisme sehingga akan mendorong terciptanya iklim usaha yang sehat. Perusahaan harus mempertanggungjawabkan dana masyarakat dengan cara bersikap terbuka dan menunjukkan kinerja dan kualitas pelayanan yang baik sehingga akan tercipta iklim berusaha yang sehat.

Bagi pemerintah, manfaat dari pasar modal antara lain:

  1. Menciptakan lapangan kerja/ profesi bagi masyarakat, baik sebagai pelaku pasar maupun investor.
  2. Pasar Modal mendorong industri tumbuh sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang lebih banyak.
  3. Pasar modal menyediakan beragam profesi yang menarik, seperti analis, pialang (broker), akuntan publik, konsultan hukum, manajer investasi, dan profesi lainnya di pasar modal.
  4. Perusahaan yang mendapatkan pembiayaan dari pasar modal akan melakukan ekspansi sehingga mendorong pembangunan di pusat dan daerah sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.
  5. Pasar modal memiliki peran besar bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi sekaligus, fungsi ekonomi dan fungsi keuangan.

Bagi masyarakat, manfaat dari pasar modal antara lain:

  1. Wahana Investasi Sebagai tempat investasi bagi investor yang ingin berinvestasi di aset keuangan.
  2. Dengan adanya pasar modal, masyarakat yang memiliki kelebihan dana dapat menginvestasikan uang tersebut dengan harapan dapat memperoleh tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan menabung di bank.
  3. Hasil investasi di pasar modal dapat meningkatkan kekayaan dalam bentuk kenaikan harga dan pembagian keuntungan.

Pengertian Pasar Modal – Lentera Bisnis

Related Post

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *