Profil PT Unilever Indonesia Tbk

PT Unilever Indonesia Tbk (“Perseroan”) merupakan salah satu perusahaan Penanaman Modal Asing dengan kegiatan usaha produksi, pemasaran dan distribusi barang-barang konsumsi, termasuk di dalamnya sabun, deterjen, margarin, es krim, bumbu-bumbu masak, kecap, produk-produk kosmetik, minuman dengan bahan pokok teh dan minuman sari buah.

Profil PT Unilever Indonesia Tbk

Rangkaian produk Unilever Indonesia merupakan kombinasi brand-brand ternama di dunia dan Indonesia seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Walls, Blue Band, Royco, Bango dan banyak lagi.

Perseroan pertama kali didirikan dengan nama Lever’s Zeepfabrieken N.V. pada 5 Desember 1933 dengan akta pendirian Notaris Tn. Andriaan Hendrik Van Ophuijsen No. 23 tanggal 5 Desember 1933.

Pada tahun 1980, nama Perseroan diubah menjadi “PT Unilever Indonesia” dengan akta No. 171 dari notaris Ny Kartini Muljadi, S.H.

Pada tanggal 22 Juli 1980. Perseroan mengalami perubahan nama lebih lanjut menjadi “PT Unilever Indonesia Tbk” pada 30 Juni 1997 oleh akta No. 92 dari notaris Mr. Mudofir Hadi, SH.

Akta tersebut disahkan oleh Menteri Kehakiman Keputusan melalui Surat Keputusan No.C2-1.049HT.01.04-Th.1998 tertanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan dalam Berita Negara No. 39 tertanggal 15 Mei 1998, Suplemen No. 2620.

Saham Perseroan pertama kali ditawarkan kepada masyarakat pada tahun 1981 dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak 11 Januari 1982.

Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tanggal 13 Juni 2000, yang diaktakan dengan akta No. 82 tanggal 14 Juni 2000 dari notaris Singgih Susilo, S.H. Perseroan juga bertindak sebagai distributor utama untuk produk-produk Perseroan dan penyedia jasa penelitian pemasaran.

Anggaran Dasar Perseroan telah mengalami beberapa kali perubahan, terakhir dengan akta notaris No. 22 tanggal 20 Juni 2016 dari Haji Syarif Siangan Tanudjaja, S.H., notaris di Jakarta, terkait dengan perubahan tempat kedudukan Perseroan.

Jejak Langkah PT Unilever Indonesia Tbk

1933 – Unilever didirikan dengan nama Lever’s Zeepfabrieken N.V di Angke, Jakarta.

1936 – Memasarkan margarin Blue Band dan sabun mandi Lux di Indonesia

1982 – Unilever Indonesia menjadi perseroan terbuka dan melepas saham ke publik dengan mendaftarkan 15% saham di Bursa Efek Indonesia

1992 – Membuka pabrik es krim Wall’s di Cikarang dan meluncurkan Conello dan Paddle Pop di Indonesia.

2004 – Mengakuisisi Knorr Indonesia dari Unilever Overseas Holding Ltd dan menggabungkannya dengan Unilever Indonesia. Memindahkan pabrik produk perawatan rambut dari Rungkut ke Cikarang.

2008 – Membangun pabrik Perawatan Kulit (Skin Care) terbesar se-Asia di Cikarang. Memasuki bisnis minuman sari buah dengan mengakuisisi Buavita dan Gogo. Menerapkan SAP di seluruh Unilever Indonesia.

2012 – Meraih tonggak sejarah penting dengan mencatatkan hasil penjualan sebesar €2 miliar, berhasil melipatgandakan bisnis hanya dalam kurun waktu lima tahun.

2015 – Membuka pabrik Foods baru di Cikarang. Pabrik seluas 6 hektar yang memiliki kapasitas produksi sebanyak 7 juta unit bumbu masak dan kecap setiap tahunnya ini merupakan pabrik ke-9.

2016 – Unilever Indonesia memulai proses pemindahkan Kantor Pusat baru di BSD City, Tangerang, yang dibangun di atas lahan seluas 3 hektar dan berkonsep ramah lingkungan. Kantor ini menampung sekitar 1.500 karyawan dan diresmikan di tahun 2017.

Kantor Pusat PT Unilever Indonesia

Graha Unilever Green Office Park Kav. 3, Jl. BSD Boulevard Barat BSD City, Tangerang – 15345

Pabrik Produksi PT Unilever Indonesia

Perseroan saat ini memiliki sembilan pabrik yang berlokasi di:

  1. Jalan Jababeka 9 Blok D, Jalan Jababeka Raya Blok O, Jalan Jababeka V Blok U No. 14-16, Jalan Jababeka XI Blok L No. 1-2 Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Bekasi, Jawa Barat
  2. Jalan Rungkut Industri IV No. 5-11, Kawasan Industri Rungkut, Surabaya, Jawa Timur.

 

Profil PT Unilever Indonesia Tbk

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *