Segarnya Bisnis Olahan Buah Carica

Buah carica banyak tumbuh di dataran tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.  Melihat potensi buah carica yang begitu besar maka Eko Budi Sulistiyo mencoba merintis bisnis minuman rumahan dengan mengolah buah carica menjadi sirup.

Sirup carica hasil olahannya, kemudian dipasarkan dengan menitipkannya ke toko-toko sekitar tempat tinggalnya. Di luar dugaan ternyata hasil olahan buah carica dapat diterima oleh pasar.

Bisnis Olahan Buah Carica

Bisnis Olahan Buah Carica

Buah carica mirip sekali dengan papaya dengan warnanya kehijauan dan setelah matang menjadi kekuningan. Buah ini mengandung berbagai jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti enzim, vitamin, dan mineral.

Orang Dieng biasanya mengkonsumsinya dengan membelahnya menjadi dua, kemudian diambil biji-bijinya untuk dihisap. Nah biji carica yang punya cita rasa manis yang khas bisa dimanfaatkan untuk membuat stup atau sirup dengan cara yang cukup sederhana. Cara Membuat Sirup Buah Carica.

Respon pasar atas sirup carica yang baik membuat Eko semakin bersemangat dalam berbisnis. Beragam inovasi kemasan produk diciptakan agar pasarnya semakin meningkat. Ia juga mengangkat beberapa karyawan untuk membantunya dalam melakukan proses produksi.

Bisnis minuman pengolahan buah carica pun semakin berkembang dengan kapasitas produksinya juga mampu mencapai 1 ton buah carica setiap harinya. Beragam produk yang dihasilkan antara lain olahan buah carica yang dikemas dalam glas jar, cup mangkok, plastic pouch dan lain sebagainya.

Hal senada juga dijalankan Saroji yang dulunya bekerja sebagai penjual tiket di kompleks candi Arjuna. Sejak candi Arjuna dipercantik sekitar awal tahun 2004, dirinya mulai melirik peluang bisnis oleh-oleh khas Dieng seiring meningkatnya pariwisata di Dieng.

Usaha pertama yang digelutinya dengan meracik serbat purwaceng. Minuman yang diracik dari beragam bahan seperti potongan daun yang dikeringkan, serbuk, campuran dengan kopi dan susu, dan akar. Racikan yang telah diolah hingga tinggal diminum airnya itu banyak peminatnya.

Untuk menambah variasi usahanya, Saroji juga membuat manisan carica. Pilihan pada carica karena kebetulan istrinya memiliki keahlian meracik carica menjadi manisan. Dalam prose pembuatan manisan carica, buah dan biji direbus bersama gula dan pada tahap akhir bijinya diperas agar dapat memberikan rasa asam yang segar.

Penganan oleh-oleh buatan saroji baru dipasarkan di sekitar Dieng dan Wonosobo karena masih sedikit produksinya. Sirup carica tetap menjadi primadona bagi mereka yang berkunjung ke Dieng. Selain unik rasanya juga segar buat pengusir gerah.

 

Wirausaha: Bisnis Olahan Buah Carica

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *