Tiga Langkah Memulai Bisnis Rumahan

Salah satu bisnis atau usaha kecil adalah bisnis berbasis rumahan. Pengertian singkat bisnis rumahan atau bisnis rumah tangga adalah suatu usaha yang dijalankan di dalam rumah, bukan gedung khusus atau pabrik dengan modal kecil. Umumnya modal bisnis rumahan didapat dari gaji atau simpanan keluarga serta tanpa menyita banyak waktu kerja dan keluarga atau menggunakan waktu senggang untuk mencari tambahan penghasilan.

Memulai Bisnis Rumahan

Tiga Langkah Memulai Bisnis Rumahan

Untuk memulai bisnis rumahan atau usaha rumah tangga sebagai suatu usaha kecil bukan lagi hal yang sulit. Yang diperlukan adalah ide usaha yang dikembangkan ke dalam tiga tahapan.

1. Menentukan Usaha

Menentukan ide usaha yang akan dijalankan terkadang merupakan hal terberat dalam memulai usaha. Apakah ide usaha tersebut akan membuat merasa nyaman dan dapat dilakukan dalam waktu lama? Untuk itu, lakukan beberapa riset usaha kecil dengan mencari ide usaha berbasis rumahan atau bisnis rumah tangga melalui internet, majalah atau buku-buku bisnis.

Dengan banyak referensi ide usaha kecil maupun usaha rumahan, anda akan segera menemukan bagaimana mengubah ide kedalam usaha kecil yang dapat berkembang. Bagaimana orang lain mewujudkan ide menjadi kenyataan. Lihat ide bisnis yang unik dimana usaha kecil dapat berkembang pesat. Sehingga akan mendapatkan jenis usaha yang sesuai dengan bakat dan minat Anda.

Anda dapat membaca artikel wirausaha yang banyak mengulas kesuksesan bisnis dari kecil.

2. Menentukan Target Pasar

Setelah menemukan ide usaha kecil yang sesuai, selanjutnya adalah bagaimana anda akan memberikan barang atau jasa pada pelanggan. Untuk itu, anda harus menentukan marketing plan untuk ide usaha. Kembangkan strategi marketing usaha kecil dan lihat bagaimana pengusaha lain menggunakan pemasarannya untuk mengembangkan usahanya.

3. Menentukan Anggaran Pemasaran

Kegiatan pemasaran (marketing) merupakan hal penting dalam sebuah usaha baik itu usaha besar maupun usaha kecil. Oleh karena itu, saat memulai usaha rumahan, buatlah strategi dasar untuk memasarkan usaha sesuai dengan anggaran yang ada. Pelajari bagaimana pelaku bisnis rumahan yang sukses. Anda pun bisa kreatif dalam memasarkan usaha dan pada akhirnya akan mengembangkan usaha anda tanpa menghabiskan banyak dana. Meskipun pengusaha rumahan tidak memiliki perputaran bisnis yang tinggi, namun tetap memerlukan jadwal promosi dan perlu menentukan anggaran untuk memasarkan ide usaha kecil anda.

Tentu saja, masih banyak hal lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan usaha bisnis rumahan, namun tiga langkah di atas merupakan dasar usaha. Yang terpenting adalah usaha yang dijalankan harus dibarengi dengan bekerja keras dan memberikan waktu untuk tumbuh agar menemukan kesuksesan.

 

Memulai Bisnis Rumahan – Lentera Bisnis

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *