5 Fitur Kasir yang Wajib Ada untuk Bisnis Retail

Berencana untuk memiliki bisnis retail? Jangan lupa untuk memilih mesin kasir yang tepat. Saat ini kegunaan dari mesin kasir bukan sekedar sebagai alat transaksi penjualan tetapi juga banyak fungsi lainnya.

Mesin Kasir untuk Bisnis Retail

Fitur-fitur yang dihadirkan mesin kasir sangat lengkap untuk menunjang operasional bisnis. Belum lagi bentuk fisik dari mesin kasir sudah tidak sebesar dan seberat dulu.

Banyak pilihan paket mesin kasir yang tersedia, tapi apa saja fitur yang cocok dalam bisnis retail? 

Fitur Mesin Kasir untuk Bisnis Retail 

Banyak fitur banyak manfaat, tapi Anda sebagai pemilik bisnis juga harus teliti dalam memilih fiturnya agar tidak salah beli. Pilih mesin kasir yang memiliki fitur khusus untuk membantu operasional bisnis jadi lebih mudah.

Berikut ini beberapa fitur yang wajib ada supaya bisnis retail Anda menjadi lebih terorganisir dengan baik.

1. Banyak Pilihan Transaksi

Saat ini model transaksi yang tersedia di masyarakat sangatlah luas. Tidak selalu bergantung dengan transaksi cash tetapi juga cashless. Disinilah kualitas dari mesin kasir dapat dilihat, apakah banyak jenis transaksi yang disediakan.

Baca juga:  Teknologi Adalah Kunci Sukses bagi UKM Indonesia Di Era Pasca Covid-19

Beberapa yang harus ada adalah fitur pembayaran tunai, dompet digital dan juga pembayaran dengan kartu. Fitur ini akan meningkatkan kenyamanan dari konsumen untuk berbelanja di toko Anda.

 2. Pencatatan dan Laporan

Setiap mesin kasir yang digunakan juga harus memiliki fitur laporan serta pencatatan. Anda sebagai pemilik bisnis tentu ingin mengetahui dengan detail transaksi penjualan setiap harinya. Mesin kasir akan mencatat dan menciptakan laporan penjualan secara otomatis.

Laporan ini bisa diakses secara real time dan sangat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis. Tidak hanya setiap hari, Anda juga bisa merangkum laporan menjadi mingguan atau bulanan.

Adanya laporan ini akan memudahkan dalam hal strategi marketing. Misalnya Anda ingin memberikan promo-promo pada produk yang harus lagi di hari tertentu.

3. Fitur Pencatatan Promo

Bisnis retail selalu memiliki beragam jenis promo yang bisa hadir setiap harinya. Meminta karyawan untuk mengingat promo dari masing-masing produk tentu sangat berat. Apalagi jika Anda harus mengelola banyak karyawan.

Baca juga:  Toyota Fortuner 2019 Desain Eksterior dan Interior

Mesin kasir hadir untuk memecahkan masalah tersebut dengan fitur pencatatan promo. Melalui fitur ini Anda bisa dengan mudah mengadakan promo tanpa karyawan harus mengecek satu per satu. Tinggal atur jenis promosi dan kapan saja akan berlaku.

Pada saat konsumen melakukan transaksi di kasir, maka promo tersebut otomatis akan muncul pada produk yang dibeli. Hal ini akan menghemat banyak waktu dalam transaksi.

4. Pengelolaan Inventory atau Stok

Adanya begitu banyak barang dalam bisnis retail akan sangat sulit jika pencatatan stok dilakukan secara manual. Belum lagi pengecekan barang keluar setiap harinya seringkali terjadi salah. Untuk meminimalisir hal tersebut, mesin kasir memiliki fitur inventory.

Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengecek stok dengan lebih cepat sekaligus mengurangi human error. Masalah stok ini tidak bisa dianggap remeh karena sangat penting untuk penjadwalan pemesanan ke supplier.

Karyawan hanya perlu mengecek stok bulanan saja untuk membandingkan data yang diperoleh dari mesin kasir dan kondisi fisiknya. Sehingga stok bisa terus aman jumlah dan bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Baca juga:  Ciri Jasa Penulis Artikel Jogja Kualitas Terbaik

5. Pengelolaan Konsumen

Manajemen pelanggan kini juga bisa mengandalkan mesin kasir sehingga Anda bisa menjalankan sistem loyalty dengan mudah. Cukup gunakan kartu pelanggan untuk mendata konsumen mana saja yang sering berbelanja di toko retail Anda.

Melalui fitur ini Anda bisa dengan mudah menentukan jenis hadiah untuk konsumen loyalty seperti apa yang bisa diberikan. Menambah promo khusus pelanggan akan meningkatkan kepercayaan konsumen agar terus berbelanja.

Jika Anda ingin mendapatkan mesin kasir dengan fitur lengkap seperti di atas Majoo menjadi pilihan terbaik. Melalui Majoo, Anda bisa dengan lebih memudahkan hampir semua manajemen toko retail.

Majoo juga menyediakan aplikasi akunting yang bisa digunakan untuk mencatat semua aktifitas faktur dan invoice, kas, sampai buku besar.

Tak hanya usaha retail saja, bagi Anda yang memiliki usaha jasa laundry, salon, kafe, dan bisnis lainnya Majoo jadi mesin kasir paling berkualitas. Akurasi data yang tinggi perlu Anda dapatkan dan semuanya tersedia di Majoo.

 

Mesin Kasir untuk Bisnis Retail

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *