Antara Sopir dan Pemimpin

Sopir dan Pemimpin adalah sama-sama seorang pengemudi. Yang membedakan hanya fungsi dan ruang lingkup tanggung jawab atas tanggung jawab yang melekat.

Antara Sopir dan Pemimpin

Seorang sopir bertanggung jawab penuh mengendalikan mobil agar semua penumpang yang ada di dalam mobil, termasuk dirinya, nyaman dan aman di perjalanan. Artinya, hal utama yang harus dilakukan oleh seorang sopir adalah mengurangi kecemasan seluruh penumpang di dalam mobil itu.

Seorang pemimpin suatu organisasi atau perusahaan pun begitu. Tugas utamanya adalah mengendalikan perusahaan agar seluruh shareholder dan stakeholder, merasa aman dan nyaman. Untuk itu, seorang pemimpin perusahaan harus selalu berusaha mengurangi kecemasan seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan.

Seperti sopir, setiap pemimpin perusahaan harus tahu tujuan dan tahu jalan mencapai tujuan: dari mana mau ke mana, punya prediksi untuk mengetahui seberapa lama jarak tempuh sampai di tujuan.

Kalau mesti singgah di suatu rest area, berapa lama singgah di situ. Harus pula tahu kondisi jalan, termasuk konturnya: naik atau turun, lurus atau berkelok.

Bedanya? Sopir hanya menanggung risiko tanggung jawab atas keselamatan dan kenyamanan sangat sedikit manusia dan keluarganya. Pemimpin perusahaan menanggung risiko atas begitu banyak manusia dan keluarganya.

Sopir harus tahu kondisi kendaraan, dan mempunyai kepekaan untuk selalu prepare terhadap berbagai hal yang akan ditimbulkan oleh kondisi itu. Pemimpin perusahaan pun begitu, harus peka (bukan pekak) dan selalu punya preparing strategy menghadapi situasi yang ditimbulkan oleh kondisi perusahaannya.

Sopir dan pemimpin perusahaan harus sama bertindak profesional dan taat terhadap marka atau aturan. Sopir tidak perlu terlalu kreatif, pemimpin perusahaan harus selalu kreatif dan inovatif.

Sopir tak perlu berimajinasi tentang jalan yang akan dilalui. Pemimpin perusahaan wajib mengelola imajinasinya yang disertai aksinya mewujudkan imajinasi itu sebagai kenyataan.

 

Sopir dan Pimpinan Perusahaan – Lentera

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *