5 Hal Untuk Menjadi Manajer Yang Baik

Kata manajer merupakan kata yang diserap dari bahasa Inggris, diambil dari kata manage yang artinya mengatur. Seorang manager sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan karena keberadaanya dalam mengatur semua urusan yang ada dalam sebuah bisnis.

Menjadi Manajer

Walaupun mungkin dalam kantor Anda legalitas formalnya tidak terdapat seorang manager namun keberadaannya yang tidak resmi pun tetap sangat dibutuhkan. Jika dalam perusahaan Anda tidak memakai manager maka Anda sendirilah yang harus menggunakan peran itu karena tanpa adanya seorang manager pekerjaan tidak akan berjalan dengan baik. Dan arah dari semua karyawan Anda tidak terarah dengan maksimal.

Menjadi Manajer Yang Baik

Untuk menjadi seorang manager yang baik dan handal dalam mengelola sebuah perusahaan perlu adanya usaha dan komitmen serta berbagai hal yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa tips untuk menjadi seorang manager yang handal :

1. Jadilah Seorang Yang Mampu Memberi Semangat dan Energi Positif

Setiap karakter yang ada dalam sebuah perusahaan sangat berbeda antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lain karakternya sangat berbeda. Untuk itu ketika Anda mengambil peran sebagai manager maka Anda harus benar-benar memahami dan mengerti karakter dari masing-masing karyawan yang ada dalam perusahaan Anda. Karena mengetahui karakter tiap karyawan pengaruhnya sangat besar dalam memotivasi mereka. Ketika motivasi mereka dalam bekerja sudah terbangun dengan baik maka mereka dapat mengeluarkan segala kemampuan terbaik mereka untuk perusahaan Anda. Dengan demikian perusahaan Anda mampu meningkat dengan pesat.

Baca juga:  Perencanaan Struktur Penggajian (Pay Structures)

2. Jadilah Seorang Pemimpin, Jangan Hanya Jadi Seorang Manajer

Selain Anda menjadi seorang manager hal yang harus Anda perhatikan lagi selanjutnya adalah Anda harus benar-benar harus menjadi pemimpin dalam perusahaan Anda. Kemampuan mengelola dan mengorganisasi sebuah perusahaan ditentukan oleh seberapa kuat dan besar pengaruh Anda dalam memimpin mereka. Kualitas Anda dalam memimpin perusahaan berpengaruh juga dalam kinerja karyawan. Pemimpin yang mampu memotivasi mereka dengan benar menjadikan karyawan mengeluarkan segala kualitas terbaik mereka dalam perusahaan.

3. Jadilah Seorang Yang Mampu Berkomunikasi Dengan Baik Dengan Bawahan

Kualitas seorang manager juga tergantung dengan bagaimana seorang manager mampu mengkomunikasikan segala hal yang menjadi keinginannya terhadap karyawan. Kita sering melihat banyak yang manager yang punya maksud baik dalam sebuah perusahaan tetapi komunikasi dengan karyawan sangat buruk hal itu akan menyebabkan karyawan tidak mengerti dengan tujuan Anda. Ketidakpahaman itu juga bisa menyebabkan hubungan Anda dan karyawan Anda menjadi renggang. Kerenggangan itulah yang menyebabkan keretakan hubungan dalam sebuah perusahaan.

Baca juga:  5 Perbedaan Pola Pikir Pebisnis Tradisional Dengan Modern

4. Anda Harus Mampu Mengelola Waktu Dengan Baik

Kemampuan seorang manager juga sangat ditentukan bagaimana ia mampu mengelola waktu yang ia punyai untuk berbagai hal yang berkaitan dengan perusahaan. Seorang manager juga harus mengetahui kriteria-kriteria atau hal hal yang harus didahulukan dalam sebuah perusahaan. Jangan sampai ia salah kelola dalam hal itu karena kesalahan kecil itu sangat fatal bahayanya dalam roda bisnis perusahaan.

5. Handal Dalam Mengelola Keuangan

Keuangan yang stabil dalam sebuah perusahaan sangat menentukan dalam sebuah perusahaan. uang memang bukan segalanya dalam perusahaan tetapi jika keuangan tidak stabil akan berakibat bagi melemahnya kinerja karyawan. Seorang manager harus mampu mengelola keuangan dengan baik. Dan mampu mengklasifikasikan kebutuhan sebuah perusahaan. Memilah dan memilih mana yang lebih penting yang harus dikeluarkan dan mana yang harus disimpan untuk sebuah perusahaan.

 

5 Hal Untuk Menjadi Manajer Yang Baik

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *