Cara Berkomunikasi Yang Efektif Dengan Karyawan Baru

Masalah komunikasi seringkali menjadi masalah besar dalam proses mengembangkan sebuah bisnis. Sangat sering terjadi pada sebuah start up yang masih dalam masa pengembangan. Jika Anda baru saja mendirikan sebuah bisnis dan merekrut karyawan baru, tentu ada beberapa proses penyesuaian diri yang harus dilakukan.

Komunikasi Karyawan Efektif

Antara bos dan karyawan harus terjalin komunikasi yang baik agar bisnis tetap bisa berjalan dan berkembang dengan baik. Komunikasi yang baik dalam arti yang hangat efektif dan tentu saja efisien.

Komunikasi Efektif Dengan Karyawan Baru

Sebagai seorang bos dan karyawan yang baru, tentu saja belum saling kenal dan belum terjalin keterikatan yang bagus. Lalu bagaimana cara berkomunikasi yang efektif ? Perhatikan beberapa pin di bawah ini.

1. Buatlah To Do List Untuk Karyawan Baru

Jika Anda seorang pimpinan dan memiliki karyawan baru, maka jika masih belum terbiasa memerintah secara langsung, sebaiknya Anda buat daftar pekerjaan yang akan dikerjakan pada mereka. Buatlah tulisan ringkas lalu sampaikan padanya untuk diselesaikan. Cara ini sangat efektif dilakukan untuk menjaga komunikasi agar tetap berjalan dengan baik. Karena kadang perasaan sedikit kaku sering terjadi dalam hubungan komunikasi antara karyawan baru dengan atasan.

Baca juga:  Antara Sopir dan Pemimpin

2. Jadilah Lebih Santai

Tekanan yang lebih besar bahkan berada pada pundak karyawan Anda. Mereka sebagai karyawan baru tentu terbebani dengan berbagai tekanan dan takut berbuat kesalahan. Nah, sekarang kendali ada di tangan Anda. Lebih baik jika Anda menjadi sedikit lebih agresif dalam melakukan komunikasi pada mereka. Jadilah seseorang yang lebih santai kepada mereka, agar mereka lebih bisa cepat akrab dengan Anda. Namun juga Anda harus tetap menjaga kewibawaan dihadapan mereka.

3. Berkomunikasi Yang Intensif

Berkomunikasilah dengan intensif, bisa lebih baik jika Anda meluangkan waktu untuk menambah kualitas komunikasi Anda dengan mereka. Jangan khawatir dan takut kehilangan waktu Anda untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Yakinlah bahwa semua tidak akan sia-sia. Semakin lancar komunikasi Anda pada karyawan baru, akan semakin membuat bisnis menjadi semakin lancar tentunya.

Baca juga:  4 Kunci Dasar Kesuksesan Dalam Bekerja

4. Perlunya Mempertimbangkan Posisi Mereka Ke Depan.

Perlu juga Anda ketahui bahwasannya seorang karyawan tidak akan pernah berada pada posisi tetap selamanya. Maka seharusnya Anda pikirkan juga posisi mereka ke depan. Karena posisi yang tepat dengan skill dan kemampuan yang dimiliki karyawan tidak selalu bisa didapatkan langsung ketika ia baru mulai bekerja. Atau bisa juga Anda memberikan promosi kepada mereka untuk menempati posisi yang lebih tinggi ke depannya, tentunya dengan prestasi yang telah mereka lakukan terhadap bisnis Anda.

Komunikasi adalah sesuatu yang sangat vital dalam proses pengembangan suatu bisnis. Jangan sampai bisnis Anda yang masih dalam masa pengembangan menjadi berantakan karena tidak adanya jalinan komunikasi yang baik antara atasan dan karyawan baru.

 

Cara Berkomunikasi Yang Efektif Dengan Karyawan Baru

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *