Belajar Jadi Seorang Pemimpin Perusahaan (CEO)

Menjadi seorang pemimpin atau chief executive officer(CEO) perusahaan global merupakan impian bagi semua orang yang mengejar karier. Namun untuk mencapainya diperlukan proses yang panjang. Seperti patung yang tidak diukir dalam satu malam, begitu juga proses persiapan menjadi seorang CEO. Begitupun ketika mereka mencapai puncak, berbagai tantangan tetap harus dihadapi.

CEO lebih banyak berperan sebagai seorang manajer profesional dibandingkan menjadi seorang pemimpin

Mempelajari kepemimpinan adalah seperti sebuah pencarian. Banyak orang sepakat bahwa tidak ada jalur pasti untuk mencapai sebuah kesuksesan yang diperlukan bukan sebuah rencana yang permanen, melainkan sebuah benang merah dengan hidup. Pada akhirnya pekerjaan CEO merupakan pekerjaan seorang diri karena hanya akan ada satu CEO dalam perusahaan.

Seorang CEO harus belajar untuk tangguh, tabah dan mandiri. Beberapa hal mungkin bisa dipelajari secara alami, namun untuk hal lainnya banyak juga yang harus dipelajari. Dari hasil survei yang dilakukan oleh Steve Tappin & Andrew Cave, sekitar 60 persen CEO lebih banyak berperan sebagai seorang manajer profesional dibandingkan menjadi seorang pemimpin.

Menjadi seorang CEO memang merupakan salah satu pekerjaan terhebat di dunia ini. Pekerjaan ini menawarkan seseorang untuk melakukan perbedaan nyata. Namun ternyata banyak juga kehidupan CEO yang sesungguhnya berat sehingga mereka justru tidak dapat menikmati hidupnya.

Sebagian besar CEO yang disurvei mengatakan bahwa mereka memiliki sedikit waktu untuk keluarga, kepentingan atau minat pribadi mereka. Inilah salah satu risiko terbesar yang dihadapi para CEO.

Beberapa CEO bahkan menekankan bahwa keluarga jauh lebih penting dibandingkan perusahaan. Karena menurut mereka, perusahaan hanya akan memakai mereka jika mampu menghasilkan laba sebesar-besarnya, namun ketika itu berakhir, perusahaan akan melupakannya.

Secara garis besar CEO-CEO ini dikelompokkan sebagai orang-orang yang bekerja sebagai manajer profesional dan yang menyemangati. Steve Tappin & Andrew Cave menampilkan setidaknya lima tantangan yang dihadapi seorang CEO saat ini yaitu:

  1. globalisasi,
  2. tuntutan industri yang berkesinambungan,
  3. teknologi web gelombang ketiga,
  4. krisis modal
  5. perebutan tenaga-tenaga ahli yang semakin langka.

 

Belajar Jadi Seorang Pemimpin (CEO)

Referensi: Steve Tappin & Andrew Cave, The Secrets of CEOs, PT ELex Media Komputindo

 

Belajar Jadi Seorang Pemimpin (CEO) – Lentera Bisnis

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *