Bagaimana Cara Berhenti Donasi UNICEF Indonesia?

Donasi merupakan salah satu kegiatan mulia yaitu memberi sumbangan kepada pihak tertentu tanpa pamrih. Apalagi memberi donasi untuk kegiatan pendidikan, sosial, kesehatan dan lain sebagainya, kepada anak-anak di seluruh dunia. Salah satu lembaga yang mengelola dana untuk anak-anak dunia adalah UNICEF. Oleh karena itu, UNICEF menggalang dana melalui donasi kepada pemerintah, masyarakat dan badan usaha di seluruh dunia. Berbagai cara diupayakan untuk pengumpulan donasi termasuk juga bagaimana cara berhenti donasi UNICEF yang perlu diketahui oleh para donatur atau penyumbang dana.

Donasi UNICEF Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kantor UNICEF sejak tahun 1948. Semua kegiatan UNICEF Indonesia juga berasal dari donasi. Donasi memiliki peran penting, oleh karena itu kemajuan teknologi informasi dimanfaatkan betul oleh UNICEF dengan memberi cara yang mudah bagi para donatur maupun calon donatur untuk memberi donasi secara online. Terutama mencari orang atau badan usaha yang bersedia memberikan donasi rutin tiap bulan. Namun, juga memberikan cara berhenti donasi Unicef dengan mudah.

Cara Berhenti Donasi UNICEF

Memberi donasi kepada UNICEF, tidak menjadikan donatur menjadi terikat kepada UNICEF. Para donatur dapat mengajukan untuk berhenti atau membatalkan kapanpun jika mau. Bagaimanapun juga, donasi bersifat sukarela tanpa paksaan. Jika ingin berhenti, itu hak mereka. Bahkan UNICEF sangat menghargai dan berterimakasih kepada orang-orang yang telah bersedia gabung menjadi donatur rutin.

Perlu diketahui bahwa cara berhenti donasi UNICEF ini hanya berlaku bagi donatur rutin dimana sumbangan yang diberikan di-auto debit melalui kartu kredit setiap bulan. Sedangkan sesuai dengan peraturan perbankan, setiap pembatalan atau pemberhentian auto debit hanya dapat dilakukan oleh penerima (merchant). Oleh karena itu, bagi para pemberi donasi UNICEF, wajib memberitahukan kepada merchant (dalam hal ini UNICEF) tentang pemberhentian atau pembatalan donasi rutin.

Ada 2 (dua) cara berhenti donasi UNICEF di Indonesia, yaitu:

1. Menghubungi nomor layanan donatur UNICEF Indonesia.

Cara ini paling efektif bagi donatur rutin UNICEF di Indonesia yaitu menghubungi layanan donatur UNICEF di nomor (021) 8066 2100, pada jam operasional kantor yaitu hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 17.00.

Pembatalan auto debit melalui kartu kredit hanya dapat dilakukan oleh UNICEF Indonesia. Oleh karena itu, donatur wajib menghubungi layanan donatur UNICEF pada jam operasional kantor. Selain itu, tidak akan ditanggapi.

2. Kirim Email

Meskipun cara berhenti donasi UNICEF ini memerlukan waktu, namun cara ini bisa dilakukan yaitu dengan menulis email yang berisi permohonan pemberhentian donasi ke ids.donorlove@unicef.org. Tentu saja harus disertakan identitas lengkap donatur serta alasan berhenti donasi.

Perlu diingat, untuk kedua solusi atau cara di atas tersebut, sebaiknya menyiapkan identitas dan dokumen-dokumen seperti yang diminta saat pertama kali mengajukan sebagai donatur, agar proses pemberhentian donasi UNICEF segera dilakukan.

Sekilas Donasi UNICEF Indonesia

Awalnya, UNICEF membantu Indonesia pertama kali pada 1948, saat  terjadi situasi darurat yang memerlukan penanganan cepat akibat kekeringan hebat di Lombok. Kerjasama resmi antara UNICEF dan pemerintah Indonesia dijalin pertama kali pada 1950. Pada awal 1960-an, UNICEF berkembang menjadi organisasi pembangunan yang lebih berkonsentrasi pada kesejahteraan anak daripada sekedar bantuan kemanusiaan.

Saat ini, UNICEF Indonesia telah bekerja sama dengan Pemerintah, organisasi, badan usaha dan masyarakat untuk melindungi hak-hak anak yang paling mendasar. UNICEF Indonesia memiliki fokus utama yaitu:

Pendidikan Dasar 

UNICEF bekerja dengan Pemerintah Indonesia, pakar pendidikan, masyarakat setempat serta pihak lainnya demi memastikan agar lebih banyak anak-anak dapat menyelesaikan pendidikan sekolah, demi mendukung standar pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan demi mencari cara-cara inovatif untuk meningkatkan jumlah anak yang dapat memetik manfaat dari pembelajaran, baik di dalam atau pun luar ruangan kelas.

Perlindungan Anak

UNICEF bekerja sama dengan mitra dari berbagai kalangan untuk memastikan bahwa setiap anak Indonesia mendapatkan perlindungan penuh atas hak-hak yang dimilikinya, sesuai dengan standar internasional, dengan perhatian khusus kepada anak-anak yang rentan dan dalam risiko.

Kesehatan & Gizi

Tingkat mortalitas balita di Indonesia telah berkurang, dan ibu yang meninggal karena masalah kehamilan juga semakin sedikit. Namun angka-angka tersebut masih terlalu tinggi, dan masih banyak ancaman kesehatan bagi mereka yang sebetulnya dapat dicegah. Kami bekerja untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan gizi, mendukung peningkatan kualitas layanan kesehatan, dan membantu para pimpinan di bidang perawatan dan kesehatan dalam mengambil keputusan tentang pengalokasian sumber daya.

Air dan Kebersihan Lingkungan

Memastikan agar keluarga di masyarakat yang paling rentan dapat memperoleh air bersih dan sanitasi yang baik, dan agar mereka tahu bagaimana cara melindungi kesehatan melalui kebersihan yang efektif merupakan bagian-bagian penting dari pekerjaan UNICEF di Indonesia.

Memerangi HIV/AIDS

HIV dan AIDS merupakan potensi ancaman yang serius terhadap kesehatan dan kesejahteraan bagi banyak penduduk Indonesia, tapi sebagian besar dari mereka kurang mengetahui tentang isu tersebut. Kami bekerja untuk memastikan bahwa anak dan kaum muda mengerti risiko dari virus HIV, bagaimana cara melindungi diri mereka dari virus HIV, dan meningkatkan respek serta pengertian bagi mereka yang hidup dengan HIV dan AIDS.

Layanan Donasi UNICEF Online

Begitu mulia kegiatan layanan UNICEF Indonesia, oleh karena itu masyarakat diharapkan ikut berperan memberi donatur rutin yang disertai cara berhenti donasi UNICEF maupun hanya menjadi donatur satu kali. Donasi UNICEF sepenuhnya untuk masa depan anak-anak Indonesia.

Berikut gambaran singkat cara donasi UNICEF Online

Layanan Donasi UNICEF Online

UNICEF Indonesia sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah bergabung menjadi donatur rutin. Meskipun dengan cara berhenti donasi UNICEF seperti yang telah diuraikan di atas tidak dapat memberikan donasi rutin lagi, namun masih ada cara lain yaitu dengan donasi satu kali untuk anak-anak Indonesia.

 

Cara Berhenti Donasi UNICEF

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *