Ketahui Tentang Apa itu Sprocket dan Fungsinya

Sprocket adalah alat transmisi yang dapat meneruskan daya dari poros satu ke poros lainnya dimana roda gigi tidak bisa menjangkaunya. Alat tersebut berbentuk seperti roda yang pinggirannya mempunyai banyak gigi. Biasanya digunakan pada kendaraan seperti motor, sepeda, kendaraan roda rantai dan mesin-mesin lainnya.

Apa itu Sprocket

Alat sebagai penerus gaya putar ini mempunyai dua macam tipe yakni solid sprocket dan segmented sprocket. Tipe solid terbuat dari cast steel yang menjadi satu kesatuan, untuk tipe segmented lebih banyak digunakan karena alasan praktisnya. Penasaran apa saja fungsi dari alat tersebut? Yuk simak uraian di bawah ini.

Apa sih Sprocket itu?

Sprocket merupakan roda yang memiliki gerigi, berpasangan dengan track, rantai atau benda panjang lainnya yang juga memiliki gigi-gigi. Alat tersebut tidak pernah bersinggungan dengan sprocket lainnya dan tidak pernah cocok. Alat ini juga berbeda dengan pulley yang dimana pada umumnya tidak mempunyai gigi.

Alat ini di kalangan masyarakat umum disebut dengan gear sedangkan nama sprocket adalah Bahasa yang sering digunakan dalam dunia industri pabrik. Fungsinya bisa mengubah rasio kecepatan putar secara menyeluruh yang dilakukan dengan memvariasikan diameternya ketika digunakan pada sepeda. Perubahan diameter gear sepeda dapat mengubah jumlah gigi.

Pada sepeda motor alat ini tidak ada perubahan diameter saat bergerak. Akan tetapi secara manual perubahan diameter dapat mengubah tingkat akselerasi dan kecepatan tinggi dari kendaraan motor. Selain itu juga dimanfaatkan dalam kendaraan roda rantai, jumlahnya juga lebih banyak dibandingkan dengan lainnya. Namun hanya ada satu, dua atau tiga yang menggerakkannya.

Bagian-bagian dan Fungsi dari Sprocket

Alat yang biasa disebut dengan gear ini dapat berfungsi untuk meneruskan putaran dari shaft motor penggerak menuju benda kerja yang nantinya digerakkan melalui rantai. Fungsi lainnya yaitu berguna untuk memindahkan putaran motor penggerak menuju benda kerja ataupun komponen mesin lainnya.

Sedangkan untuk bagian-bagiannya yaitu:

Gigi sprocket

Bagian yang terikat atau mengikat rantai yang dapat menyebabkan putaran motor penggerak dapat diteruskan ke benda kerja lainnya. Bentuknya lancip atau runcing yang ujung giginya menyesuaikan lubang rantai, sehingga dapat saling mengikat ketika berputar. Untuk ukuran besar dan jumlahnya bermacam-macam tergantung dengan type atau size alat tersebut, sebab kebutuhan rasio bervariasi.

Shaft sprocket

Bagian ini memiliki fungsi sebagai media yang dilubangi untuk masuk ke shaft komponen mesin seperti shaft roll. Diameter lubang yang dimilikinya benar-benar presisi supaya tidak mengalami kelonggaran pada saat pemasangannya.

Alur Key Way

Alur key way adalah komponen yang sangat penting karena sebagai tempat dudukan key way-nya. Key way mempunyai bentuk logam kotak persegi yang dibuat sedemikian rupa agar mampu masuk pada alurnya.

Ulir Lock baut tanam

Bagian ini adalah lubang yang memiliki ulir, berfungsi untuk dudukan baut tanam sebagai kunci pada gear. Setiap gear memiliki 2 titik ulir yang terpasang pada key way dan pada shaft. Baut tanam tersebut dapat menjadi kunci supaya gear dan key way tidak kendor dan juga lepas.

Demikianlah tentang pengertian sprocket, bagian beserta fungsinya. Anda bingung mau cari alat tersebut yang pilihannya lengkap dimana? Tidak usah bingung, beli sprocket disini indotrading.com. Pilihannya tersedia lengkap sesuai kebutuhan konsumen dan barangnya berkualitas dan bergaransi.

Untuk harga produknya sendiri juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kualitas dan layanan sudah pasti terjamin sehingga Anda tidak akan kecewa membeli di situs trading ini. Tentu saja, Anda sangat disarankan untuk membeli spare part di toko terpercaya ini!

 

Ketahui Tentang Sprocket dan Fungsinya

Loading...

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *