Pilihan Untuk Menjadi Wiraswasta

Apakah Anda baru saja memulai bisnis baru, sedang berencana mendirikan bisnis baru, atau hanya punya keinginan suatu hari Anda akan berbisnis? Sebagai seorang wiraswasta, tentunya banyak hal dalam benak Anda dan bahkan lebih banyak lagi yang membutuhkan perhatian Anda.

Pilihan Untuk Menjadi Wiraswasta

Pilihan Wiraswasta

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Meskipun ada sedikit perbedaan antara pengertian Wiraswasta, Wirausaha dan Intrapreneur namun tidak terlalu spesifik karena memiliki dasar pengertian yang sama.

Pilihan menjadi wiraswasta atau anjuran untuk menjalankan bisnis sendiri, tapi bukan berarti pilihan ini pasti lebih baik daripada bekerja. Semua punya kelebihan dan kekurangan, serta konsekuensi masing-masing.

Baca juga:  Pinjaman Dana Dengan Jaminan BPKB

Sebab, akhir-akhir ini banyak pekerja yang di-PHK dan dirumahkan oleh perusahaan, dalam rangka pengurangan besarnya cost yang dipakai untuk membayar gaji para pekerjanya.

Hal ini menjadi salah satu pemicu terjadinya ledakan pengangguran, yakni lonjakan angka pengangguran dalam waktu yang relatif singkat. Sehingga orang-orang yang tetap bertahan dan berfikir kreatif, mereka akan memilih berwiraswasta.

Wiraswasta merupakan terobosan guna menanggulangi keterbatasan lapangan pekerjaan dan mengurangi ketergantungan pada pemerintah. Kita harus menciptakan sendiri pekerjaan bagi diri kita sendiri, dan apabila memungkinkan, dapat memberi kesempatan kepada orang lain untuk turut bekerja.

Tips Menjadi Wiraswasta

Untuk orang-orang yang memilih bertahan dan menjadikan wiraswasta sebagai pilihan, berikut ini ada beberapa tips yang dapat dijadikan pegangan:

1. Menghitung dan mengambil risiko

Baca juga:  3 Langkah Memulai Bisnis Rumahan

Mari kita pahami bahwa untuk memulai wiraswasta diperlukan kerja keras. Meski tidak ada jaminan bahwa bisnis Anda akan mendatangkan kesuksesan, seorang entrepreneur harus siap berkorban waktu dan tenaganya demi menjalankan pekerjaannya.

2. Bekerja pintar

Wiraswasta tidak selamanya menjadikan kita berhasil. Ada kalanya kita harus merasa kalah dan bersabar. Namun, jika kita memiliki beberapa cara untuk melakukan sesuatu yang lebih efektif, maka tidak ada salahnya kita menjalankan ide-ide tersebut.

3. Pikirkan dengan cepat

Dalam menjalankan wiraswasta, kita tidak bisa menunda keputusan besar. Kita harus berfikir lebih cepat daripada mereka yang masih menjadi karyawan. Karena jika kita menunda sebuah keputusan besar, akan ada orang lain yang berpikiran sama dan menjalankannya.

4. Melakukan sesuatu yang kreatif

Wiraswastawan harus selalu berpikir tentang ide-ide bisnis baru yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha. Dia harus selalu berpikir tentang cara lain untuk meningkatkan kualitas usaha yang sedang ia kerjakan.

Baca juga:  Daftar Usaha Yang Menjanjikan 2019

5. Menangani stres

Ini adalah kenyataan bahwa setiap bisnis baru dapat membuat kita stres, terutama orang yang bertanggung jawab atas keberhasilan usaha wiraswasta yang kita lakukan. Ada banyak cara untuk menangani situasi stres. Salah satunya dengan selalu berpikiran positif.

6. Mengelola atau mengarahkan orang lain

Seorang wiraswastawan harus memiliki kemampuan berhubungan baik dengan masyarakat. Tanpa hubungan baik, dia tidak akan berhasil dalam menjalankan usahanya.

Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki kemampuan dan kemauan, apalagi yang memang sedang menganggur, sambil mencoba mencari kesempatan lain, kenapa tidak memulai berwiraswasta?

 

Pilihan Untuk Menjadi Wiraswasta

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *