Pengertian Business Opportunity (BO)

Pengertian Business Opportunity (BO) merupakan peluang atau kesempatan memulai bisnis dengan investasi membeli paket bisnis yang sudah ada. Sebenarnya sulit untuk didefinisikan Business Opportunity karena istilah tersebut memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Selain itu, beberapa negara mengeluarkan undang-undang yang mendefinisikan.

Meskipun demikian, jika berdasarkan dari istilah “Opportunity” dapat diartikan peluang atau kesempatan (oportunitas) yang berkaitan dengan situasi atau menguntungkan untuk pencapaian tujuan atau prospek untuk kemajuan atau kesuksesan.

Pengertian Business Opportunity (BO)

Konsep Business Opportunity (BO)

Business Opportunity (BO) dapat diartikan bisnis kemitraan atau peluang bisnis seperti konsep waralaba (franchise) namun BO memiliki sedikit kebebasan. Secara teknis, semua waralaba adalah Business Opportunity, tetapi tidak semua Business Opportunity adalah waralaba.

Penjual Business Opportunity biasanya tidak memiliki kendali atas operasi bisnis pembeli. Bahkan, dalam sebagian besar program BO, tidak ada hubungan yang berkelanjutan antara penjual dan pembeli setelah penjualan dilakukan, seperti bagaimana membeli produknya apakah boleh dari dia atau anda beli sendiri, apakah memakai mereknya atau tidak, dan lain sebagainya.

Konsep BO jika dibandingkan dengan waralaba, misalnya dari 7-8 kriteria waralaba maka Business Opportunity mungkin sudah memenuhi lima kriteria. Selain itu, Business opportunity merupakan sebuah usaha yang tengah mengalami perkembangan progresif menuju sistem franchise. BO sudah bisa menjanjikan keuntungan terutama bagi diri sendiri dan punya pelanggan potensial.

Contoh model usaha BO (Business Opportuniry) yang cukup dikenal masyarakat di antaranya Pop Ice counter, MagFood Red Crispy, Mamamia (Pastel & Lumpia) , Hotdog Booth, dan sebagainya.

Pada business opportunity (kemitraan), perusahaan atau individu yang ingin memulai sebuah usaha dari sebuah perusahaan penjual BO, tidak perlu susah-susah untuk mengurus ini dan itu. Karena kesepakatan/akad/perjanjian hanya dilakukan antara kedua belah pihak. Dan hal tersebut memudahkan pula bagi individu yang ingin memulai usahanya.

Selain itu, BO tidak wajib memiliki sebuah prototype (cabang usaha) yang terbukti berhasil layaknya yang dikembangkan dalam sistem franchise. Peluang untuk mendulang untung juga potensial. Hanya saja BO biasanya belum dirumuskan menjadi sebuah sistem yang solid.

Kriteria Business Opportunity

Meskipun setiap orang dan negara mendefinisikan istilah business opportunity dengan cara yang berbeda, namun secara umum menggunakan kriteria berikut:

Business opportunity melibatkan penjualan atau penyewaan produk, layanan, peralatan, dan sebagainya yang akan memungkinkan pembeli (penerima lisensi) untuk memulai bisnis.

Pemberi lisensi atau penjual business opportunity menyatakan bahwa akan mengamankan atau membantu pembeli dalam menemukan lokasi yang cocok atau menyediakan produk kepada pemegang lisensi.

Penjual lisensi menjamin pendapatan yang lebih besar atau sama dengan harga yang dibayar pembeli lisensi untuk produk yang dijual kembali.

Biaya awal yang dibayarkan kepada penjual untuk memulai peluang bisnis harus lebih dari $ 500.

Penjual lisensi berjanji untuk membeli kembali produk apa pun yang dibeli oleh pembeli lisensi jika tidak dapat dijual kepada calon pelanggan bisnis.

Setiap produk atau layanan yang dikembangkan oleh penjual (pemberi lisensi) akan dibeli oleh pembeli (penerima lisensi).

Penjual lisensi business opportunity akan menyediakan program penjualan atau pemasaran untuk pembeli (penerima lisensi) mencakup penggunaan nama dagang atau merek dagang.

Jenis Usaha Business Opportunity

Beberapa jenis usaha business opportunity yang paling umum:

Distributorships

Distribusi untuk menawarkan dan menjual produk tanpa atau menggunakan nama dagang atau merek pabrik. Tergantung pada perjanjian, apakah distributor banyak dibatasi hanya untuk menjual barang-barang perusahaan atau mungkin memiliki kebebasan untuk memasarkan beberapa lini produk atau layanan yang berbeda dari berbagai perusahaan.

Rack Jobbing

Penjualan produk perusahaan lain melalui sistem distribusi pada rak dispaly di berbagai toko yang berlokasi strategis. Berdasarkan perjanjian tersebut, perusahaan induk memperoleh sejumlah lokasi tempat rak diletakkan berdasarkan konsinyasi. Nantinya ada lembar kontrol inventaris, yang menunjukkan berapa banyak barang dagangan yang dijual.

Vending Machine Routes

Mirip dengan rak kerja (Rack Jobbing). Namun investasi biasanya lebih besar untuk jenis usaha peluang bisnis ini karena pelaku bisnis harus membeli mesin serta barang dagangan yang dijual di dalamnya, tetapi di sini situasinya terbalik dalam hal prosedur pembayaran. Operator mesin penjual biasanya membayar pemilik persentase berdasarkan penjualan.

 

Pengertian Business Opportunity (BO)

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *