Pengertian Bisnis Waralaba (Franchise)

Pengertian Waralaba (Franchise) adalah suatu pemberian sebuah lisensi oleh suatu pihak (perorangan maupun perusahaan) sebagai pemberi Franchise (disebut franchisor), kepada pihak lain sebagai penerima Franchise (disebut franchisee), untuk berusaha dengan menggunakan merk dagang atau nama dagangnya dengan menggunakan keseluruhan sistem bisnisnya.

Pengertian Bisnis Waralaba (Franchise)

Franchise merupakan sebuah bentuk strategi usaha yang bertujuan untuk memperlebar jangkauan usaha dalam meningkatkan pangsa pasar dan penjualan. Franchise merupakan sebuah perkawinan bisnis dari yang sudah ada (franchisor) dengan pendatang baru di dunia bisnis (franchisee).

Asal kata franchise berasal dari Bahasa Perancis, yaitu “franchir” yaitu dibebaskan dari pemberian upeti, pajak kepada pihak-pihak yang berkuasa pada abad pertengahan. Namun seiring perkembangan jaman pengertian franchise menjadi pemberian ijin dalam pemakaian nama atau merek dagang.

Sistem pemberian ijin usaha dalam bentuk franchise berkembang pesat terutama bentuk usaha produk barang atau jasa melalui pemberian hak eksklusif kepada pengusaha lain untuk menjual produk yang dimiliki oleh seseorang pengusaha di lokasi/daerah tertentu.

Istilah Dalam Franchise (Waralaba)

Kendati sudah banyak yang paham praktik waralaba, namun beberapa pengertian dasar ini perlu juga diketahui yang pada intinya adalah beberapa tipe dasar franchise.

Franchisor (Pewaralaba)

Franchisor (Pewaralaba) adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan franchise (waralaba) kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas usaha yang dimilikinya.

Franchisee (Penerima Waralaba)

Franchisee (Penerima Waralaba) adalah Badan usaha atau perorangan yang menerima franchise (waralaba) sehingga memiliki hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki franchisor (Pewaralaba).

Franchise Fee (Biaya Waralaba)

Franchise fee atau biaya awal waralaba adalah biaya yang harus dibayarkan di muka sebelum bisnis waralaba mulai beroperasi

Royalty Fee (Biaya Royalti)

Royalty Fee adalah biaya yang harus dibayar setelah bisnis waralaba mulai beroperasi sesuai dengan perjanjian kesepatan yang dibuat. Umumnya pembayaran dilakukan setiap bulan.

Franchise Agreement (perjanjian waralaba)

Perjanjian franchise adalah kesepakatan tertulis yang dibuat antara Franchisor dan Franchisee untuk melindungi hak dan kewajiban masing-masing pihak. Perjanjian franchise diperlukan sebagai salah satu syarat administratif bagi franchisee untuk mendapatkan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) sebagai bukti sebuah perusahaan penerima waralaba (franchisee).

Sejarah dan Perkembangan Franchise

Asal mula konsep Franchise sebenarnya dimulai sejak lama yaitu pada tahun 200 sebelum masehi, ketika seorang pengusaha Cina memperkenalkan konsep rangkaian toko untuk mendistribusikan produk makanan dengan merek tertentu.

Namun, konsep Franchise secara modern dalam memberi kesempatan orang lain yang memiliki modal untuk membeli pola usaha dengan mengambil alih tanggungjawab dengan menciptakan dealer, mulai diterapkan sejak 1863 oleh perusahaan mesin jahit Singer di Amerika.

Sukses sistem distribusi Singer selanjutnya diikuti oleh perusahaan industri otomotif AS, General Motors Industry di tahun 1898. Perusahaan Coca-Cola pertamanya kali menjual konsep Franchise tahun 1899.

Meskipun bukan bisnis murni, namun sistem telegraf yang telah dioperasikan oleh berbagai perusahaan kereta api di AS pada tahun 1880-an merupakan franchise dari Western Union dimana Western Union tetap memegang kendali dan mendapatkan royalty fee.

Kemudian setelah perang dunia kedua, konsep franchise berkembang pesat karena merupakan jenis usaha dengan menggunakan suatu sistem distribusi produk dan jasa yang sangat kuat sehingga merambah hampir ke semua negara di dunia.

Franchise memberi peluang pada pengusaha kecil untuk bertahan dan memperoleh kemakmuran dalam pasar yang kompetitif dengan cara menggabungkan keunggulan kekuatan yang dimiliki jaringan besar dengan inisiatif dan dedikasi pemilik bisnis individual. Bentuk usaha adalah suatu hubungan strategis antara franchisor dan franchisee dimana keduanya mendapat banyak keuntungan dari hubungan ini.

Secara umum Franchise merupakan alternatif jalan keluar yang relatif aman bagi calon pengusaha baru yang ingin terjun memiliki bisnis sendiri. Atau perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan ekspansi atau pembukaan cabang secara efektif tanpa memunculkan overhead yang tinggi, dan kerumitan manajemen yang biasanya berkaitan dengan pendirian sebuah cabang. Atau bagi perusahaan yang ingin mengubah sistem cabang atau agensinya menjadi mesin pemasaran yang lebih ramping dan tangguh.

 

Pengertian Bisnis Waralaba (Franchise)

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *