Profil Perusahaan PT Kino Indonesia Tbk

PT Kino Indonesia Tbk merupakan perusahaan dalam bidang industri makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetik. Grup Kino memulai usahanya pada tahun 1991 melalui pendirian perusahaan distribusi kecil, yaitu PT Dutalestari Sentratama. Kemudian diikuti dengan pendirian PT Kino Sentra Industrindo pada tahun 1997 yang memproduksi produk-produk confectionary, seperti permen, makanan ringan, dan minuman bubuk, dengan produk pertamanya yaitu “Kino Candy”.

Profil Perusahaan PT Kino Indonesia Tbk

Pada tahun 1999, PT Kinocare Era Kosmetindo didirikan berdasarkan Akta Notaris No. 3 tanggal 8 Februari 1999 yang dibuat di hadapan Hadi Winata, S.H. untuk menjalankan bisnis pemeliharaan dan perawatan tubuh yang dimulai dari peluncuran produk “Ovale”. Seiring dengan perkembangan usaha, produk pemeliharaan dan perawatan tubuh telah berkembang pesat dengan diluncurkannya produk-produk seperti “Ellips” vitamin rambut, “Resik-V” sabun khusus daerah kewanitaan, dan “Eskulin” parfum dalam bentuk gel.

Perusahaan telah menerima Surat Pernyataan Efektif dari Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal atas nama Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) dengan surat No. S-568/D.04/ 2015 tanggal 3 Desember 2015 untuk melakukan penawaran umum saham kepada masyarakat sebanyak 228.541.500 saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham dengan harga penawaran Rp 3.800 per saham. Saham-saham tersebut seluruhnya telah dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia tanggal 11 Desember 2015.

Kepemilikan Saham PT Kino Indonesia Tbk per 2017 adalah PT Kino Investindo : 69.50% Harry Sanusi : 10,57% DBSSG S/A Nusantara FMCG Limited : 10,71% Masyarakat/Public : 9.22%

Jejak Langkah PT Kino Indonesia Tbk

1991 – PT Dutalestari Sentrama didirikan.

1997 – PT Kino Sentra Industrindo didirikan untuk memproduksi permen, makanan ringan, dan minuman bubuk

1999 – PT Kinocare Era Kosmestindo (Perseroan) didirikan dan mulai memproduksi produk perlengkapan mandi, produk pemeliharaan dan perawatan tubuh, minuman, dan farmasi.

2003 – Kino Care (M) Sdn Bhd didirikan.

2004 – Kino Consumer Philippines Inc didirikan

2011 – PT Kinocare Era Kosmestindo mendapatkan lisensi produksi dari Wen Ken Drug Co Pte Ltd (Singapura) untuk memproduksi dan menjual produk dengan merek Cap Kaki Tiga di Indonesia

2013 – PT Morinaga Kino Indonesia didirikan berdasarkan perjanjian joint venture dengan Morinaga & Co Ltd (Jepang). Kino International Pte Ltd dan Kino Vietnam Co Ltd didirikan.

2014 – PT Kinocare Era Komestindo mengubah namanya menjadi PT Kino Indonesia dan melakukan restrukturisasi usaha. Kino International Pte Ltd menjadi induk perusahaan dari Kino Consumer Philippines Inc, Kino Care (M) Sdn Bhd, dan Kino Vietnam Co Ltd

2015 – PT Kino Indonesia resmi mencatatkan saham perdana (Initial Public Offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia.

2016 – PT Kino Indonesia Tbk mengakuisisi Dua Putri Dewi, merek jamu Indonesia. PT Kino Indonesia Tbk mengakuisisi Bisnis Ristra, perusahaan yang bergerak dalam bidang cosmetodermatology, yaitu kosmetik dengan kemampuan menyembuhkan.

2017 PT Kino Ecomm Solusindo didirikan. PT Kino Malee Indonesia didirikan berdasarkan perjanjian joint venture dengan Malee Capital Company Limited (Thailand). PT Kino Indonesia Tbk menandatangani perjanjian lisensi produksi dari Wen Ken Drug Co Pte Ltd (Singapura) untuk memproduksi dan menjual produk dengan merek Sejuk Segar di Indonesia.

Kantor Pusat PT Kino Indonesia Tbk

Jl. Cibolerang No. 203 Kav. 03 Margasuka, Babakan Ciparay Kota Bandung, 40225 Jawa Barat

Kantor Korespondensi

Gedung Datascrip Lt. 9 Jl. Selaparang Blok B15 Kav. 9 Komplek Kemayoran Jakarta, 10610

Pabrik

Kabupaten Sukabumi, Serang, Pasuruan dan Cidahu.

 

Profil Perusahaan PT Kino Indonesia Tbk

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *