Konsep Ketauhidan Dalam Pengertian Islam

Apa Itu Konsep Ketauhidan Dalam Pengertian Islam? Apa itu konsep ketauhidan? Kunci untuk memahami konsep Ketuhanan atau ketauhidan dalam islam adalah Allah, tauhid dan ahad. Dan metode yang bisa membantu untuk memahaminya dengan mudah adalah menyimak tafsiran ilmuwan-ilmuwan islam, lihatlah cara para ilmuwan tersebut ketika menafsirkan dan juga menginterpretasikan ketiga kata kunci tersebut.

Jadi, apabila anda tertarik atau ingin memahami apakah ketauhidan itu, maka banyak-banyaklah membaca atau menonton tafsiran-tafsiran para ilmuwan. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, tentunya sangat mudah untuk mencari tafsiran tersebut.

Walaupun anda tidak menemukannya di internet, anda bisa mencarinya di toko buku terdekat. Dan jangan lupa baca tentang Pentingnya Etika Dalam Berbisnis.

Kalau anda sudah membaca beberapa tafsiran, anda pasti sudah tahu bahwa kata Allah sendiri merupakan nama Tuhan dari Islam yang paling agung dan menunjukkan keagungan serta kemuliaan Tuhan. Kata tersebut juga mengekspresikan ketuhanan yang paling tinggi dan mensyaratkan kata tersebut mewajibkan seluruh bentuk-bentuk kemuliaan dan juga menegaskan bentuk kekurangan.

Sedangkan kata ahad sendiri adalah sifat untuk keunggulan yang selalu abadi dalam ke-Esa-annya. Memang sedikit membingungkan ketika bertanya tentang apa itu konsep ketauhidan dari awal. Jadi tidak perlu terburu-buru dan pahami saja sedikit demi sedikit.

Dalam sebuah tafsiran, kedua kata di atas yaitu Allah dan ahad ketika digabung akan membentuk dua makna yang sama alias simetris satu dengan lainnya. Pertama adalah kata Allah yang bermakna positif, menunjukkan sifat kesempurnaan, kebesaran terhadap Tuhan dan juga keagungan.

Ketika menggunakan kata Allah, maka Tuhan adalah zat yang paling sempurna, agung dan juga paling berkuasa. Namun keagungan itu sendiri masih belum bisa memberikan makna yang dalam, akan tetapi ketika ditambahkan dengan kata-kata ahad maka makna yang didapatkan bisa lebih dalam dan menambah kesempurnaan serta kemuliaan Tuhan.

Allah merupakan zat yang tunggal, zat yang sempurna tidak tergantung terhadap apapun. Dalam kebesaran-Nya tidak ada yang bisa menandingi nya, oleh karena itulah kemuliaan, kesempurnaan dan juga kebesaran Tuhan adalah hal yang mutlak.

Manusia merupakan pelaku ekonomi yang menjadi pemegang amanah, bukanlah pembentuk ketentuan karena segala ketentuan berasal dari Allah SWT. Ekonomi Islam sendiri dalam akidah mencakup 2 hal, yaitu ekonomi islam Ilahiyah yang berpegang pada ajaran Tauhid Uluhiyyah dan ekonomi islam yang berpegang pada ajaran Tauhid Rububiyah. Baca selengkapnya tentang Konsep Ketauhidan Dalam Ekonomi Islam.

Sampai disini apakah anda sudah paham dengan jawaban dari pertanyaan apa itu konsep ketauhidan?

Sumber: IslamExplored.org

 

Konsep Ketauhidan Dalam Pengertian Islam

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *