Profil Perusahaan PT Dexa Medica

PT. Dexa Medica merupakan salah satu perusahaan nasional Indonesia yang bergerak dalam bidang Healthcare & Pharmaceutical. Perusahaan ini awalnya dirintis oleh Rudy Soetikno seorang apoteker saat berdinas sebagai anggota TNI AD di Kesdam II/Sriwijaya, pada tahun 1969 di Palembang, Sumatera Selatan.

Profil Perusahaan PT Dexa Medica

Pada tahun 1984 Dexa Medica memperkuat posisinya sebagai perusahaan farmasi nasional serta dengan secara strategis memindahkan kantor pusat dan pemasaran ke Jakarta. Dan sejak tahun 1993, PT Dexa Medica mulai mengekspor produknya  ke negara lain diantaranya adalah Vietnam, Myanmar, Kamboja, Philipina, Singapura, Malaysia, Sri Lanka, Hongkong, Nigeria, Polandia dan negara-negara yang ada di benua Afrika dan Eropa.

Sejarah Singkat PT. Dexa Medica

Bermula dari Rudy Soetikno asal Magelang lulusan ITB yang kala itu berdinas sebagai anggota TNI AD di Palembang sekitar akhir tahun 60-an melihat masyarakat termasuk tentara semakin sulit mendapatkan obat-obatan di kota Palembang. Padahal Palembang sebagai ibukota provinsi, tetapi obat-obatan sangat langka.

Rudy Soetikno yang memiliki pengetahuan obat berlatar belakang pendidikannya Farmasi ITB, tahun 1969 mulai membuat tablet sederhana untuk memenuhi kebutuhan obat kalangan militer terutama TNI AD dimana tempat Rudy bertugas.

Akhirnya, bersama rekannya, Rudi mendirikan sebuah apotek kecil dengan tujuan untuk memasok obat untuk Palembang dan sekitarnya. Pada tahun 1975, Rudy Soetikno mengajukan pensiun dini dari TNI AD untuk mengembangkan perusahaan farmasi yang didirikannya yang akhirnya produk PT. Dexa Medica mulai tersedia di seluruh Sumatera.

Produk obat dengan nama Dexa diambil dari kata “deca” yang berarti sepuluh di mana sepuluh merupakan nilai tertinggi sempurna yang mungkin diraih.

Pada tahun 1978, Dexa Medica mencoba menembus pasar Jawa melalui Surabaya. Langkah ini merupakan sejarah menjadi salah satu perusahaan farmasi nasional dengan mendistribusikan produk PT. Dexa Medica ke seluruh wilayah Indonesia.

Pada tahun 1984, PT. Dexa Medica memindahkan kantor pemasarannya ke Jakarta. Sejak tahun 1994, penjualan domestik PT. Dexa Medica telah tumbuh lebih tinggi dari pertumbuhan industri farmasi di Indonesia

Jejak Langkah PT Dexa Medica

Tahun 1969 – Dexa Medica didirikan.

Tahun 1970 – produk Dexa Medica mulai dipasarkan luar Sumatera Selatan.

Tahun 1975 – produk Dexa Medica dipasarkan seluruh di Sumatera

Tahun 1978 – produk Dexa Medica dipasarkan di Jawa.

Tahun 1980 – mendirikan AMM untuk mendistribusikan produk Dexa Medica, sesuai instruksi pemerintah.

Tahun 1984 – PT. Dexa Medica memindahkan kantor pemasarannya ke Jakarta.

Tahun 1993 – PT Dexa Medica mulai mengekspor produknya untuk pertama kalinya yakni ke negara Myanmar.

Tahun 2001 – mendirikan PT. Ferron Phar Pharmaceutical

Tahun 2009 – Keempat kalinya Dexa Medica terpilih sebagai Pembina Terbaik Tenaga Kerja Perempuan.

Tahun 2013 – STIMUNO Meraih Penghargaan sebagai Mom’s Choice Brand Award.

Tahun 2014 – Meraih Penghargaan sebagai Kawasan Berbudaya HKI.

Produk PT. Dexa Medica

Produk farmasi yang dihasilkan oleh PT. Dexa Medica terbagi menjadi 2 kategori utama yaitu obat yang bisa dibeli bebas (over the counter) dan 39 obat yang dapat dibeli dengan resep dokter.

Produk obat yang bisa dibeli dengan bebas diantara, Lytacur, Toxilite, Vitafem, Herbakof Sirup Obat Batuk, Optimax Plus Sirup Multivitamin,  Vectrine Kapsul, Dexanta Sirup Obat Asam Lambung, Folilac Softgel Suplemen Makanan Bayi & Anak, Lycoxy Suplemen Kesuburan Pria & Wanita, Folilac Softgel Suplemen Makanan Bayi & Anak, Folamil Gold Suplemen Kesehatan, Mertigo Tablet Obat, Folamil Genio dan yang cukup dikenal adalah stimuno untuk daya tahan tubuh.

Produk obat yang bisa dibeli dengan resep dokter terbagi menjadi 3 kategori yaitu obat bermerek (branded medicine) seperti Rhinos® SR dan Remopain, Candesartan, Clopidogre, Sistenol, Dexa Medica Omz, Dexa Medica Hytroz 2. Obat generik berlogo (OGB) seperti Tramadol dan Metoclopramide, obat yang bersifat meningkatkan kesehatan (nutraceuticals) seperti Resvica dan Folamil.

Kantor Pusat PT. Dexa Medica

Gedung Titan Center

Jl. Boulevard Bintaro Blok B7/B1 No. 05, Bintaro Jaya Sektor 7

Tangerang 15224, Indonesia

 

Profil Perusahaan PT Dexa Medica

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *