Profil PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel)

PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) merupakan perusahaan operator jaringan seluler telpon yang beroperasi di Indonesia, dan memiliki jaringan terluas yang mampu menjangkau lebih dari 90% populasi Indonesia di seluruh penjuru Nusantara untuk melayani kebutuhan komunikasi berbagai lapisan masyarakat.

Profil PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel)

Awalnya Telkomsel didirikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan PT Indosat Tbk (Indosat) pada tanggal 26 Mei 1995, yang ditandai dengan peluncuran kartuHalo, pascabayar. Telkomsel saat ini merupakan anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (65%) dan Singapore Telecom Mobile Pte Ltd (35%). Pada akhir tahun 2019 jumlah BTS on air Telkomsel mencapai 212.235 unit dimana 76,3% merupakan BTS 3G / 4G.

Telkomsel secara konsisten melayani negeri, menghadirkan akses telekomunikasi kepada masyarakat Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Program yang menghasilkan basis pelanggan berkualitas lebih baik, dengan jumlah pelanggan aktif yang lebih tinggi dan peningkatan ARPU serta biaya produksi kartu SIM yang lebih efisien.

Produk dan Layanan Utama Telkomsel

Dengan Visi menjadi penyedia layanan dan solusi gaya hidup digital seluler tepercaya kelas dunia,  serta Misi memberikan layanan dan solusi digital seluler yang melebihi ekspektasi pelanggan, menciptakan nilai bagi pemangku kepentingan, dan mendukung pembangunan ekonomi bangsa, Telkomsel memiliki produk dan layanan utama:

KartuHalo

Diposisikan sebagai merek pascabayar pilihan bagi pelanggan profesional dan korporat, kartuHalo menyediakan rangkaian layanan seluler lengkap dan keistimewaan eksklusif yang tak tertandingi. Telkomsel memperluas merek kartuHalo untuk merangkul profesional muda, memposisikan kartuHalo sebagai kartu pascabayar paling keren dan bernilai terbaik untuk segmen menengah dan atas.

simPATI

Diposisikan sebagai merek prabayar untuk segmen kelas menengah yang cerdas, simPATI adalah merek prabayar gaya hidup pemenang penghargaan dari Telkomsel. simPATI terus menawarkan rangkaian paket dan kampanye inovatif yang menarik untuk mendorong permintaan Data seluler.

Kartu AS

Diposisikan sebagai ‘merek Prabayar Bernilai Terjangkau’, Kartu As adalah merek prabayar Telkomsel yang ditargetkan untuk pencari nilai dan menawarkan nilai terbaik kepada pelanggan.

LOOP

Diposisikan sebagai merek prabayar yang menyasar segmen anak muda. Dengan tagline “Ini KITA” (This Is Us), LOOP memiliki citra muda yang didukung oleh proposisi merek “menjadi lebih baik bersama” dan fokus pada penawaran Layanan Data dan Digital yang menarik.

Untuk informasi produk layanan dapat Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel.

Seiring dengan transformasi Telkomsel menjadi Perusahaan Telekomunikasi Digital Terkemuka, Bisnis Digital terus menjadi mesin pertumbuhan, didukung oleh fokus untuk mempertahankan dominasi Telkomsel dalam penyediaan jaringan seluler di Indonesia.

Jejak Langkah PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel)

1995 – Telkomsel didirikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan PT Indosat Tbk (Indosat). Meluncurkan layanan pascabayar kartuHalo.

1996 – KPN Netherlands (KPN) dan PT Setdco Megacell Asia (Setdco) mengakuisisi saham di Telkomsel masing-masing sebesar 17,3% dan 5%.

1997 – Menawarkan layanan telekomunikasi seluler ke semua 27 provinsi. Meluncurkan simPATI Nusantara sebagai layanan prabayar pertama di Asia.

2001 – Telkom mengakuisisi saham Indosat untuk meningkatkan kepemilikannya menjadi 77,7%. Saham KPN dan Setdco diakuisisi oleh Singtel Mobile yang berbasis di Singapura.

2002 – Singtel Mobile meningkatkan kepemilikannya sebesar 12,7%, sehingga total kepemilikannya di Telkomsel menjadi 35% dengan sisanya 65% dimiliki oleh Telkom sebagai pemilik mayoritas. Memulai layanan Data seluler, termasuk WAP melalui GPRS (Layanan Radio Paket Umum), MMS (Layanan Pesan Multimedia), dan layanan konten.

2003 – Peluncuran komersial pertama layanan roaming internasional untuk pelanggan prabayar Indonesia

2004 – Pengenalan sistem isi ulang prabayar mobile-tomobile yang aman. Bergabung dengan aliansi seluler regional (Bridge Alliance) untuk meningkatkan keuntungan pelanggan. Meluncurkan layanan prabayar Kartu As

2005 – Call Center Telkomsel memperoleh sertifikasi ISO9001: 2000. Peluncuran layanan ATM Mobile Banking.

2006 – Peluncuran komersial pertama layanan jaringan 3G di Indonesia.

2007 – Memperkenalkan layanan email push. Diluncurkan HSDPA (High Speed ​​Downlink Packet Access) dan layanan Telkomsel Flash. Meluncurkan TCASH untuk memfasilitasi transaksi keuangan seluler.

2008 – Menjadi Pelopor BTS bertenaga energi terbarukan di Asia. • Peluncuran layanan Suara dan Data seluler pertama di Indonesia untuk kapal PELNI di lautan terbuka.

2009 – Peluncuran layanan berbasis jaringan broadband HSUPA (High Speed ​​Uplink Packet Access). Memulai Program Desa Dering untuk menyediakan akses telekomunikasi untuk lebih dari 25.000 desa.

2010 – Uji coba pertama implementasi teknologi pita lebar jaringan Long Term Evolution (LTE) di Indonesia. Pengenalan layanan Koran Seluler pertama di Indonesia.

2011 – Melampaui target 100 juta pelanggan yang menempatkan Telkomsel sebagai operator telekomunikasi terbesar ketujuh di dunia berdasarkan basis pelanggan. Peresmian Fasilitas Penelitian & Pengembangan pertama di Indonesia untuk teknologi seluler. Pengenalan Tap Izy, sistem pembayaran nirsentuh seluler pertama di Indonesia yang mengubah ponsel menjadi dompet elektronik.

2012 – Pengenalan Wi-Fi Seluler Mulus pertama bagi pelanggan Indonesia untuk mentransfer secara otomatis dari koneksi jaringan 2G / 3G ke jaringan WiFi untuk mengakses data berkecepatan tinggi.

2013 – Peluncuran Masterpiece yaitu program yang melibatkan 268 unit GraPARI mobile, pembentukan 268 mobile Broadband Cities, 68 aplikasi dari developer lokal untuk mendukung pengembangan industri kreatif digital. Peluncuran 450 unit Compact Mobile Base Station (COMBAT). Uji coba LTE yang berhasil selama APEC 2013.

2014 – Telkomsel meluncurkan program Masterpiece: CRM, M2M dan Winning The Youth. Telkomsel & Telkom mencapai kesepakatan Conditional Business Transfer Agreement (CBTA) untuk memanfaatkan spektrum Flexi. Telkomsel menjadi yang pertama meluncurkan 4G LTE secara komersial di Indonesia.

2015 – Telkomsel meluncurkan 3 program Masterpiece: Dunia Digital, Pengalaman Pembayaran Hebat, dan TrueBEx (True Broadband Experience). Menyelesaikan penataan ulang spektrum di 1800 MHz, dan meluncurkan LTE di 14 kota dengan 2,2 juta pengguna LTE. Melebihi 100 Ribu BTS dan 150 juta basis pelanggan. Mencapai Strategi Triple 3, dengan Nilai Perusahaan> Rp300 Triliun, Pendapatan Kumulatif 3 Tahun sebesar 33%, dan Kontribusi Bisnis Digital sebesar 33% dari Pendapatan yang dicapai pada Q4-15.

2016 – Menjalankan 3 program Masterpiece: Big Data, Lead 4G, dan Pengalaman Pelanggan. Cakupan LTE yang diperluas ke lebih dari 80 Kota Pita Lebar di seluruh negeri. Mencapai pertumbuhan Pendapatan Triple Double Digit selama lima tahun berturut-turut (+ 14,0% YoY), EBITDA (+ 16,9% YoY) dan Pendapatan Bersih (+ 26,1% YoY)

2017 – Berfokus pada menciptakan Customer Experience (CX) yang konsisten, IoT Digital Ecosystem untuk Fleet Management dan New Talent Management untuk mendukung Digital Mastery. Pemberian tambahan spektrum 30 MHz pada frekuensi 2300 MHz oleh pemerintah yang akan digunakan untuk memberikan layanan Data terbaik kepada pelanggan dan mendukung Rencana Pita Lebar Indonesia 2014-2019 [sebagai bagian dari komitmen Telkomsel kepada bangsa]. Cakupan 4G LTE Telkomsel menjangkau 490 kota kabupaten di seluruh Indonesia.

2018 – Memperluas pemosisian pada ekosistem Video dengan meluncurkan MAXstream, portal video satu atap yang menggabungkan aplikasi video OTT, saluran linier, dan konten VOD. Meluncurkan pengalaman teknologi 5G pertama melalui “Telkomsel 5G Experience Center” yang dibuka untuk umum selama Asian Games 2018. Memperluas layanan TCASH kepada pelanggan dari semua penyedia telekomunikasi sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua orang dan digunakan untuk berbagai jenis transaksi digital dengan mudah, kapanpun dan dimanapun. Meluncurkan serial original Indonesia pertama, Brata, yang dapat disaksikan di MAXstream. Mempublikasikan game pertama Shellfire, sebuah game e-sport dengan target komunitas gamer yang sudah ada.

2019 – LinkAja secara resmi diluncurkan pada tanggal 30 Juni 2019 di bawah PT. Fintek Karya Nusantara, LinkAja, hasil kolaborasi BUMN ‘Dari dan Untuk Indonesia’, menjadi satu-satunya fintech yang didukung oleh berbagai bisnis lintas sektor seperti perbankan, asuransi, perminyakan. Dunia Games telah merilis e-game terbarunya yaitu Lord of Estera. Sebagai sebuah aplikasi game mobile online RPG (role-playing game), Lord of Estera memiliki beragam mode permainan, karakter, dan pembelian dalam aplikasi. Telkomsel resmi diluncurkan oleh.U, layanan seluler prabayar digital pertama di Indonesia yang memberikan pengalaman digital end-to-end untuk semua kebutuhan telekomunikasi, mulai dari memilih nomor hingga mendapatkan kartu SIM, isi ulang saldo dan kuota, hingga pembayaran. Telkomsel berhasil menguji jaringan 5G-nya di Batam, Kepulauan Riau dengan panggilan video pertama menggunakan koneksi 5G serta uji kecepatan 5G.

Sejumlah investasi dan inisiatif utama telah ditetapkan untuk mempercepat pertumbuhan Bisnis Digital, sejalan dengan misi Telkomsel untuk memenuhi preferensi pelanggan yang beralih ke digital dan membangun Indonesia digital, serta memberikan jangkauan dan kualitas jaringan yang sangat baik.

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)

Telkom Landmark Tower, Tower 1
Jl. Jend Gatot Subroto Kav. 52,
Jakarta 12710, Indonesia

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM)

Graha Merah Putih
Jl. Japati No. 1, Bandung
Jawa Barat, Indonesia – 40133
Telepon : +62-22-4521404
Faksimili : +62-22-7206757

Singtel Mobile

31 Exeter Road – Comcentre
Singapore 239732
Tel. +65-6838 3388
Fax. +65-6738 3769

Profil PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel)

Loading...

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *