Kelebihan Menggunakan Lampu LED (Light Emitting Dioda)

lampu LED MEVAL

Saat ini penggunaan lampu LED (Light Emitting Dioda) telah menyebar di Indonesia sebagai pencahayaan atau penerangan mulai dari perkantoran, pertokoan hingga rumah tinggal. Lampu LED yang memiliki kelebihan seperti hemat biaya listrik, lebih ramah lingkungan serta lebih awet, menjadikan lampu ini dilirik banyak orang.

Lampu LED (Light Emitting Dioda)

Lampu LED (Light-Emitting Diode) merupakan jenis lampu dengan teknologi terbaru. LED sendiri adalah keluarga Dioda yang terbuat dari bahan semikonduktor yang dapat mengubah energi listrik menjadi cahaya monokromatik ketika diberi tegangan maju. Dengan kata lain, LED merupakan semikonduktor yang mengubah energi listrik menjadi cahaya pada saat dilewati oleh arus listrik.

Sebenarnya LED sudah ditemukan sejak lama. Semisal ketika kita menggunakan perangkat elektronik seperti TV, komputer, speaker, dan aneka perabot elektronik lainnya, ada sebuah lampu kecil yang akan menyala sebagai tanda bahwa perangkat tersebut sedang dalam posisi on. Lampu kecil itu adalah light emitting diode yang akrab disebut dengan LED.

Seiring dengan perkembangan teknologi, LED dapat dirancang sebagai lampu pencahayaan yang memiliki manfaat lebih baik dan dapat diproduksi dengan biaya lebih murah untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk lampu penerangan (rumah, kantor, jalan, dll), Papan Iklan (Advertising), Backlight LCD (TV, Display Handphone, Monitor), Lampu Dekorasi Interior maupun Exterior, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan Lampu Pijar, LED tidak memerlukan pembakaran filamen sehingga tidak menimbulkan panas dalam menghasilkan cahaya. Teknologi LED memiliki berbagai kelebihan seperti tidak menimbulkan panas, tahan lama, tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, dan hemat listrik serta bentuknya yang kecil ini semakin popular dalam bidang teknologi pencahayaan.

Lampu LED mulai menggeser penggunaan lampu-lampu jenis lama dengan konsumsi energi yang lebih rendah serta efisiensi pencahayaan yang lebih tinggi dikarenakan lampu LED ini menggunakan sisi gelap pada bagian belakang lampu, sehingga arah pencahayaan berfokus di arah bagian depan lampu. Ketika lampu LED memancarkan cahaya nampak pada gelombang spektrum yang sangat sempit, mereka dapat memproduksi “cahaya putih”.

Kelebihan Lampu LED (Light Emitting Dioda)

Meskipun lampu LED merupakan teknologi ini tergolong masih baru, namun saat ini sudah populer dan banyak digunakan. Bahkan bisa dikatakan lampu LED pada saat ini sudah mulai mendapat perhatian masyarakat dikarenakan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan lampu jenis lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan lampu LED, antara lain:

  • Mempunyai umur penggunaan yang lebih lama dibanding lampu biasa. LED bisa mencapai keawetan hingga 30 ribu jam.
  • Mempunyai efisiensi energi hingga 80-90 persen. Jauh lebih baik dibanding lampu lainnya. Selain itu LED juga hanya memerlukan tegangan listrik yang rendah.
  • Cahaya yang dihasilkan lampu LED tidak panas. LED tidak memproduksi sinar UV dan energi panas.
  • Cahaya yang dihasilkan lampu LED juga tidak mendistorsi warna sekitar, sehingga lebih aman digunakan untuk penerangan jalan.
  • Ukuran yang lebih kecil sehingga dapat diaplikasikan dengan lebih praktis.
  • Tidak mengandung merkuri sehingga lebih ramah lingkungan.
  • Dengan lensa optik yang sesuai, cahaya lampu LED dapat diarahkan sesuai keinginan

Meskipun memiliki keunggulan dan kelebihan, lampu LED juga mempunyai kekurangan dimana membuat orang sedikit berpikir untuk membelinya. Berikut kekurangan lampu LED:

  • Harga lampu LED masih relatif mahal
  • Suhu lingkungan dapat mempengaruhi umur lampu LED
  • Intensitas cahaya yang termasuk kecil.

Lampu Bohlam LED

Saat ini di Indonesia telah banyak beredar berbagai merek bohlam LED di pasaran. Bohlam LED yang beredar diproduksi oleh berbagai perusahaan baik dalam maupun luar negeri dengan karekteristik yang berbeda-beda. Namun masyarakat belum bisa menentukan bohlam LED yang bagus digunakan sesuai kebutuhan mereka karena belum ada data yang dapat dijadikan acuan serta belum adanya data perbandingan antar bohlam LED yang valid berdasarkan faktor seperti:

  • lumen (intensitas cahaya dari sebuah bohlam LED)
  • faktor daya semu (daya yang tidak bergantung pada beban lampu)
  • efisiensi (lumen yang dihasilkan dalam 1 watt)
  • umur pemakaian lampu
  • THD (Total Harmonic Distortion ) atau gangguan harmonisa yang ditimbulkan oleh bohlam tersebut
  • CCT (Correlated Color Temperatur) yang semakin putih
  • CRI (Color Rendering Index) yang baik

Masyarakat tidak dapat menentukan pilihan yang tepat dalam menggunakan bohlam lampu LED. Umumnya masyarakat hanya melihat lampu berdasarkan merek yang sudah ternama saja.

Salah satu Distributor Lampu yang menyediakan produk lampu LED MEVAL berkualitas dengan berbagai macam varian sesuai dengan kebutuhan. MEVAL merupakan sebuah brand global untuk produk lighting & electrical equipment yang berasal dari Singapura.

Saat dinyalakan, cahaya yang dihasilkan lampu LED MEVAL langsung pada posisi optimum, dan bebas radiasi ultraviolet dan infra merah sehingga nyaman di mata. Konsumsi daya sangat rendah hingga 85% sehingga menghemat tagihan listrik dan masa penggunaan yang dapat bertahan hingga 5000 jam.

MEVAL memberikan yang terbaik untuk produk Lampu LED seperti Bohlam, Functional, Emergency untuk masyarakat Indonesia. Selain memiliki banyak varian ukuran, bentuk dan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan, MEVAL memberikan harga hemat untuk produk kualitas serta garansi yang dapat di klaim di kota-kota besar terdekat.

 

Kelebihan Menggunakan Lampu LED (Light Emitting Dioda)

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.