Qurban Memudahkan Umat Muslim untuk Berqurban Saat Idul Adha

Manfaat Buka Tabungan Qurban

Tabungan qurban merupakan program yang memudahkan umat muslim untuk berqurban di hari raya Idul Adha. Qurban adalah ritual pengorbanan hewan yang ditujukan untuk beribadah  kepada Allah SWT. Umat ​​Muslim mempersembahkan qurban pada saat selesai haji  pada hari-hari Idul Adha, Hari Raya Kurban.

Makna Qurban dan Manfaat Buka Tabungan Qurban

Qurban dengan khidmat memperingati rasa syukur umat muslim kepada Tuhan karena telah membimbing nabi Ibrahim dan putra sulungnya, Ismail mengenai arti pengorbanan dalam Islam. Ada banyak makna ketika seorang umat muslim berqurban, apa saja itu?

1. Menghidupkan kembali praktik Sunnah Nabi

Ada hikmah dan pahala yang besar dalam mengikuti setiap amalan Sunnah Rasulullah (saw) dan salah satunya adalah berqurban.

Ketika umat muslim mau memberikan qurban di saat Idul Adha, maka ia mengikuti sunnah Nabi.

2. Melindungi dari bencana

Qurban memang bukan sebuah kewajiban, melainkan bentuk dari  sedekah. Bahkan, berqurban yang diibaratkan seperti sedekab lebih bisa menjadi salah satu sarana melindungi umat muslim dari bencana seperti jatuh sakit atau terlibat dalam kecelakaan misalnya.

Nabi Muhammad berkata, ‘Bersedekahlah tanpa penundaan, karena itu menghalangi jalan bencana’. [Tirmidzi]

Anda dapat berqurban di masjid terdekat atau melalui program qurban dan  membagikan dagingnya di tempat yang paling membutuhkan sebagai bentuk sedekah.

3. Tanda Bersyukur

Berqurban saat Idul Adha juga menjadi tanda umat Islam bersyukur atas apa yang telah Allah karuniakan selama ini.

Rezeki yang Allah berikan selama ini bisa disedekahkan dengan berqurban. Dengan umat muslim berqurban, maka apa yang ia lakukan seperti ungkapan atau tanda rasa syukur atas rejeki yang selama ini Allah berikan.

Bagi yang ingin sekali mencoba berqurban namun tidak pandai dalam mengelola keuangan agar bisa membelikan hewan qurban, Bank Syariah memiliki program tabungan qurban.

Dengan  program ini, maka tabungan nasabah sementara waktu diblokir agar bisa disisihkan membeli hewan qurban. Bank Bukopin juga siap untuk menyalurkan dagingnya ke orang-orang yang membutuhkan.

Selain memiliki program tabungan qurban, Bank Syariah Bukopin juga memiliki program tabungan anak Syariah dan masih banyak lagi.

Tertarik menjadi nasabah Bank Syariah Bukopin? Daftar segera ke bank Syariah Bukopin terdekat, sekarang!

 

Qurban Memudahkan Umat Muslim untuk Berqurban Saat Idul Adha

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.