Beberapa Cara Untuk Mendapatkan Uang Dari Internet

Banyak orang mencoba mencari tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari internet melalui mesin pencari google. Apalagi di era digital ini banyak kisah tentang keberhasilan orang yang sukses menjadikan internet sebagai sumber pemasukan sampingan maupun sebagai pekerjaan utama.

Cara Untuk Mendapatkan Uang Dari Internet

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Memang tidak dipungkiri bahwa melalui internet atau online kita bisa mendapatkan uang. Meskipun bisa, namun itu bukan hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Mereka yang sudah berhasil pun awalnya memerlukan perjuangan yang gigih untuk meraihnya. Harus banyak belajar, tidak mudah menyerah, dan selalu berdoa.

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang di dunia internet mulai dari menawarkan barang dan jasa hingga, menjadi agen online, namun kali ini saya mencoba mengulas berdasarkan pengalaman sebagai blogger yang bisa mendatangkan penghasilan yang bisa dilakukan dengan modal minim, artinya cukup bermodalkan koneksi internet, beli domain dan sewa hosting saja.

1. Publisher Iklan

Blogging atau kegiatan ngeblog bisa menghasilkan uang, selain memberikan informasi dan pengetahuan lewat tulisan online. Apapun informasi dalam blog, entah itu tentang opini pribadi, catatan perjalanan maupun membahas teknologi, pendidikan, kesehatan, bisnis, dan lain sebagainya, bisa menghasilkan dengan memonetisasi blog tersebut.

Memonetisasi blog artinya menjadikan blog sebagai sarana tempat beriklan pihak lain dimana blogger atau pemilik blog sebagai publisher.

Untuk monetize blog yang sering diandalkan oleh blogger adalah Google Adsense media periklanan milik perusahaan Google. Selain itu ada beberapa pilihan media periklanan lainnya seperti MGID, Adnow, dan lain sebagainya yang bisa sebagai alternatif pilihan.

Dari media periklanan ini kita bisa mendapatkan uang dari blog. Cara kerjanya, periklanan online tersebut akan menghitung pendapatan publisher berdasarkan jumlah klik dan tayangan iklan. Artinya, jika semakin banyak jumlah klik yang didapatkan, pastinya pendapatan akan meningkat.

Untuk itu, fokuslah pada pembuatan konten berkualitas agar bermanfaat bagi banyak orang, serta melakukan SEO (Search Engine Optimization) dan promosi blog ke media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, dll) untuk mendatangkan lebih banyak visitor. Dan jangan lupa membeli domain dan sewa hosting di penyedia yang handal seperti Niagahoster.co.id agar blog tampil maksimal.

Bila blog sudah memiliki jumlah visitor atau pengunjung yang banyak, silakan daftarkan blog menjadi publisher ke layanan periklanan online terbesar Google Adsense, bila proses review dan approve telah berhasil, nanti pihak Google Adsense akan menampilkan iklan di blog anda.

2. Jasa Penulisan Artikel

Memiliki bakat menulis bisa menghasilkan uang melalui internet. Apalagi jika memiliki kemampuan menulis blog yang sesuai dengan kaidah SEO. Pasalnya banyak blog atau situs yang memerlukan tulisan atau artikel SEO friendly.

Selain itu, bisa menawarkan jasa penulisan artikel ke media sosial ataupun situs yang mempertemukan penjual dan pembeli jasa.

Sering kali jasa penulis artikel dipandang sebelah mata oleh banyak orang, padahal ini bisa menjadikan sumber penghadilan di internet. Bayangkan jika mampu membuat dan menyelesaikan 10-15 artikel, pastinya dalam sehari akan mudah mendapatkan uang Rp. 100.000 – Rp. 200.000 tanpa modal di internet.

3. Affiliate Marketing

Cara kerja bisnis afiliasi mudah, yaitu cukup mempromosikan link affiliate ke media sosial/blog pribadi, jika orang lain mengklik link tersebut dan melakukan pembelian maka secara otomatis anda akan mendapatkan bayaran.

Berapa komisi yang didapatkan, tergantung dari situs yang diikuti. Biasanya untuk produk umum, bisa mendapatkan komisi hingga 20%.

Ada banyak sekali situs affiliate marketing yang bisa anda coba, seperti :

  • Niagahoster, menerima afiliasi di bidang hosting website
  • Lazada, shopee, tokopedia, bukalapak, dan lain sebagainya.

Affiliate marketing hampir sama dengan sistem bisnis dropship, namun yang membedakan ialah pada pemesanan dan menggunakan link promosi sistem afiliasi.

Bila berminat silakan saja geluti bisnis ini, sebab tanpa memerlukan modal.

4. Dropship

Ingin jualan online tapi nggak punya modal? Tidak usah khawatir karena di internet ada dropship yang juga bisa menghadilkan uang jika ditekuni.

Cukup bermodalkan koneksi internet sudah bisa berjualan di internet tanpa modal jualan dan bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Cara kerja seorang dropshiper bisa dikatakan mudah sekali. Misalkan ambil barang dari supplier/tangan pertama dengan harga Rp. 50.000 lalu tawarkan produk tersebut ke media sosial dengan harga Rp. 70.000, bila ada yang berminat, nantinya konsumen akan melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang sudah anda tentukan.

Pada tahap selanjutnya, cukup melakukan pesanan produk kepada supplier dengan harga asli Rp. 50.000, nanti barang yang akan dikirimkan atas nama Anda sendiri. Margin keuntungan yang didapatkan Rp. 20.000, cukup besar sekali dalam satu produk.

Kelebihan bisnis dropship

  • Tanpa modal
  • Minim risiko
  • Tidak ada kegagalan maupun bangkrut
  • Keuntungan yang lumayan

Kekurangan bisnis dropship

  • Tidak bisa mengetahui produk secara langsung, sebab hak produk ada di tangan supplier
  • Tidak bisa mengontrol stok barang/produk
  • Adanya persaingan harga yang atraktif

Tentu saja masih banyak cara menghasilkan uang melalui internet yang dapat dipilih. Namun setidaknya yang di atas tersebut bisa menjadi pilihan bagi pemula yang ingin mendapatkan uang dari kegiatan online.

 

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Loading...

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

1 Comment

  1. Jasa penulisan artikel masih menjanjikan apalagi kalau artikelnya bisa tembus halaman 1… tarifnya bisa melejit.. kemarin nanya ke jasa,,, pasang tarif 100 ribu untuk 1000 kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *