Bingung Bagaimana Cara Memulai Usaha? Coba Cara Ini

Solusi Bisnis. Kadang memang sangat sulit memulai sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Bisnis atau usaha juga demikian, apalagi Anda sebagai pemula tentu akan sangat sulit untuk dikerjakan. Sangat sulit bukan berarti tidak bisa dikerjakan, itu semua tergantung kemauan Anda sendiri dalam mulai menjalankan usaha.

memulai bisnis usaha

Pokok Masalah Memulai Usaha

Jika Anda merasa sulit untuk startup atau memulai usaha ataupun bisnis, Anda bisa memetakannya terlebih dahulu ke dalam beberapa pokok masalah seperti di bawah ini.

1. Tentukan Dulu Ide Bisnis Yang Akan Anda Kerjakan

Dalam menentukan ide bisnis, sebaiknya juga disesuaikan dengan kemampuan, minat dan yang uama passion yang ada pada diri Anda sendiri. Tapi jangan juga Anda kesampingkan peluang yang ada di pasar. Memulai usaha dengan sesuatu yang kita cintai tentu berbeda dengan bekerja tanpa adanya cinta. Banyak orang sukses dalam bisnis yang memulai usaha dengan sesuatu yang mereka cintai.

2. Buatlah Visi, Misi dan Tujuan Bisnis yang Jelas

Sangat penting sebagai alur atau garis tegas dalam menjalankan usaha yang nantinya akan Anda kerjakan. Dengan visi, misi serta tujuan yang jelas akan mempermudah gerak langkah bisnis Anda ke depan. Tujuan yang jelas juga bisa meningkatkan fokus Anda dalam menjalankan sebuah bisnis untuk menunjang perkembangan bisnis yang Anda kelola. Bisnis dengan tanpa tujuan yang jelas, hanya akan menghabiskan energi Anda saja, selain itu tanpa tujuan yang jelas hanya akan membuat bisnis Anda akan terombang ambing dalam dunia bisnis yang sangat fluktuatif.

3. Siapkan Modal Usaha

Setelah nomor 1 dan 2 Anda persiapkan, sekarang barulah Anda persiapkan modal usaha untuk menjalankan bisnis Anda. Modal usaha tidak hanya uang atau kemampuan finansial saja. Modal yang lebih penting adalah mental dan mindset (pola pikir) dalam menjalankan sebuah usaha yang akan Anda kelola nantinya. Sikap positif dalam berbisnis sangat penting untuk menjaga bisnis agar tetap bisa berjalan dengan baik.

4. Segeralah Action

Apapun ide bisnis Anda, bagaimanapun bentuk usaha yang Anda bayangkan, semuanya akan sia – sia jika Anda tidak pernah action. Segeralah mengimplementasikan ide – ide bisnis Anda dalam sebuah tindakan startup. Jika tidak segera Anda realisasikan ide bisnis Anda, maka kemungkinan kesempatan itu akan segera diambil orang lain. Karena dalam dunia bisnis masih tetap berlaku hukum siapa cepat dia dapat.

5. Jangan Pernah Berhenti Belajar Bisnis

Seberapa pun tinggi pencapaian Anda, jangan pernah melupakan belajar tentang apapun pada siapapun. Apalagi dalam berbisnis, ketika Anda merasa aman pada posisi bisnis yang Anda raih sekarang dan membuat Anda lupa belajar, maka jangan heran jika saat itu pula bisnis Anda akan segera mengalami penurunan. Seberapa pun besar bisnis Anda, jangan sampai berhenti untuk belajar.

 

Bingung Bagaimana Cara Memulai Usaha? 

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *