Fungsi Souvenir Bagi Perusahaan

Souvenir atau sering disebut dalam bahasa Indonesia sebagai cenderamata, kenang-kenangan, oleh-oleh atau buah tangan dapat diartikan sebagai benda pengingat akan sebuah objek tertentu, seperti tempat, peristiwa, sebuah event, dan orang atau tokoh tertentu.

souvenir perusahan

Pada awalnya, souvenir merupakan barang-barang kerajinan tangan (handy crafts) yang menarik dan diminati banyak orang, terutama wisatawan sebagai kenangan-kenangan akan tempat, kejadian dan waktu dari pemilik souvenir tersebut.

Seiring perkembangan, souvenir tidak hanya digunakan sebagai cenderamata dari suatu tempat yang dikunjungi saja, suvenir juga digunakan pada sebuah event, kegiatan tertentu bahkan sebagai sarana promosi bagi sebuah perusahaan.

Fungsi Souvenir Bagi Perusahaan

Sebagaimana disebutkan dalam kamus The Collins Cobuild Dictionary (2009), bahwa: “Souvenir is usually small and relatively inexpensive article given kept or purchased as a reminder of a place visited, an occasion, etc” (souvenir merupakan benda yang relatif kecil dan harganya tidak mahal, untuk dihadiahkan, disimpan, atau dibeli sebagai kenang-kenangan kepada suatu tempat yang dikunjungi, suatu kejadian tertentu, dan sebagainya).

Baca juga:  Industri Penerbangan di Indonesia dan Global

Bagi perusahaan, seperti Biro Perjalanan Sewa Bus Semarang akan memiliki dampak luar biasa dengan memberikan souvenir kepada konsumennya. Selain sebagai kenang-kenangan, souvenir atau cenderamata juga memiliki beberapa fungsi, di antaranya sebagai berikut.

Pertama, sebagai branding perusahaan atau branding produk/jasa perusahaan tertentu, sebagai contoh jam meja yang disablon dengan logo perusahaan dengan harapan ketika diletakkan di meja client maka akan bisa mengingatkan perusahaan pemberi souvenir itu. Selain logo dapat pula motto/tulisan yang bisa mengingatkan client akan perusahaan.

Kedua, sebagai ucapan terima kasih atas kehadiran dalam event tertentu atau sebagai cendera mata saat client memasuki acara/undangan perusahaan.

Ketiga, sebagai senjata pemasaran dari satu client ke calon client baru lainnya. Sebagai contoh pencantuman logo pada kertas note biasanya digunakan oleh client dalam menulis catatan kecil dan biasanya itu berhubungan dengan pihak ke tiga dari client itu. Hal ini dapat mengingatkan client akan produk/jasa sebuah perusahaan.

Baca juga:  REIT Sebagai Alternatif Investasi Properti

Keempat, sebagai magnet untuk kumpulan orang agar mampir ke stand pameran/boot yang sedang dibuka di sebuah pusat keramaian baik itu mall, seminar, pameran dan sebagainya.

Kelima, sebagai pembeda dengan perusahaan lainnya. Di zaman yang persaingan usaha saat ini maka perusahaan yang cenderung berbeda baik dalam hal promosi/pemberian souvenir akan bisa mengisi top of mind brand dalam benak konsumen.

Cenderamata bisa berupa kaos atau topi, peralatan rumah tangga seperti tumbler, cangkir atau mangkok, asbak, sendok, maupun buku tulis, dan lain sebagainya. Ingin Souvenir Tumbler Murah, Beli Aja di Souvenirku.id

Tentu saja untuk desain souvenir dirancang dan dibuat sesuai karakter perusahaan dengan unik dan menarik sehingga penerima souvenir tidak hanya menjadi sekedar simbol atau barang pajangan di rumah, namun juga memberi dampak kesan dan makna yang mendalam terhadap perusahaan tersebut.

 

Fungsi Souvenir Bagi Perusahaan

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *