Biro Perjalanan Sewa Bus Semarang

Ada banyak biro perjalanan di Kota Semarang yang menyediakan jasa layanan sewa bus pariwisata. Hal ini terkait dengan geliat pertumbuhan kota Semarang yang semakin meningkat seperti obyek wisata baru, industri dan sekolah yang berdampak kepada kebutuhan transportasi massal yang bisa mengangkut banyak orang dengan nyaman dan aman. Sewa bus Semarang merupakan solusi moda transportasi untuk berwisata, study tour, kunjungan kerja dn lain sebagainya.

bus pariwisata semarang

Persaingan penyedia sewa bus Semarang pun terjadi. Bukan hanya antara Perusahaan Otobis (PO) yang menyediakan bus pariwisata, persaingan juga pada biro perjalanan atau agen wisata yang memberikan layanan sewa bus. Ditambah lagi saat ini banyak bus pariwisata yang dimiliki dan disewakan oleh perorangan.

Biro Perjalanan Sewa Bus Semarang

Bagi masyarakat luas, menyewa sebuah transportasi entah itu mobil atau bus tentunya menginginkan tarif sewa murah, kendaraan nyaman dan aman serta pelayanan yang memuaskan. Hal ini wajar karena dalam posisi sebagai konsumen. Namun bagaimana dengan produsen atau penyedia jasa sewa bus Semarang?

Baca juga:  Pengaruh Perubahan Kurs Valuta Asing dalam Laporan Keuangan

Biro perjalanan yang menyediakan bus pariwisata tetap memiliki perhitungan bisnis. Di sisi lain, ada peraturan dari pemerintah berkaitan dengan angkutan penumpang khususnya untuk bus pariwisata, serta ada sanksi jika melanggar.

Dalam salah satu peraturan Menteri Perhubungan NOMOR PM 117 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN ANGKUTAN ORANG TIDAK DALAM TRAYEK, disebutkan bahwa Angkutan Orang untuk Keperluan Pariwisata adalah Angkutan dengan menggunakan Mobil Penumpang Umum dan Mobil Bus Umum yang dilengkapi dengan tanda khusus untuk keperluan wisata serta memiliki tujuan tempat wisata.

Selain itu juga disebutkan bahwa Pelayanan Angkutan Orang untuk Keperluan Pariwisata harus memenuhi pelayanan sebagai berikut:

  1. mengangkut wisatawan;
  2. pelayanan Angkutan dari dan ke daerah tujuan wisata;
  3. tidak masuk terminal;
  4. pembayaran tarif berdasarkan waktu penggunaan kendaraan sesuai dengan perjanjian antara Pengguna Jasa dan perusahaan Angkutan;
  5. tidak boleh digunakan selain keperluan wisata;
  6. tidak terjadwal;
  7. wajib memenuhi Standar Pelayanan Minimal yang ditetapkan.
Baca juga:  7 Keunggulan Indonesia Yang Bisa Ditawarkan Ke Investor

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk menyelenggarakan kegiatan sewa bus pariwisata tidak bisa sembarangan. Termasuk untuk menentukan tarif. Oleh karena itu, biro perjalanan akan menerapkan “Win Win Price” dalam menentukan tarif sewa bus Semarang.

Untuk mencari biro perjalanan yang menyediakan sewa bus pariwisata di Semarang maupun di kota lainnya, saat ini cukup mudah. Selain banyak biro perjalanan dan sudah semakin menyebar di penjuru kota, pencarian pun semakin mudah karena ditunjang kemajuan teknologi informasi. Bahkan cukup dengan smartphone kita dapat menemukan informasi tentang tempat sewa bus dengan mudah.

Dengan demikian kita bisa memilih dan membandingkan tentang harga, fasilitas yang nantinya akan diperoleh jika sewa bus Semarang tersebut. Bahkan kita pun bisa melakukan chat atau tanya jawab dan langsung, sebelum mendatangi kantor penyedia jasa layanan sewa bus tersebut untuk melakukan transaksi jika dianggap sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

 

Biro Perjalanan Sewa Bus Semarang

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *