Lakukan 4 Hal Ini Jika Ingin Produk Anda Go Internasional

Solusi Bisnis – Bagi setiap pebisnis dalam bidang apapun, pasti suatu saat ingin bisnis yang dikelola bisa go internasional. Untuk bisa menembus pasar internasional bukanlah perkara yang mudah. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa pasar internasional lebih ketat persaingannya dari pada pasar di dalam negeri.

bisnis go international

Untuk memperluas target marketnya, maka seorang pengusaha harus mampu membuat produk bisnis mereka bisa menembus persaingan internasional. Tidak sedikit pengusaha dalam negeri yang mampu dan bahkan bisa menguasai pasar internasional dengan bisnis yang mereka kelola.

Ingin Produk Anda Go Internasional, Lakukan 4 Hal Ini

Jika Anda ingin produk bisnis Anda mampu menembus ketatnya pasar internasional, coba beberapa tips di bawah ini. Sebelumnya bisa baca 12 Kebijakan Perdagangan Internasional

1. Tingkatkan Terus Standar Kualitas Produk Anda

Seringkali pasar internasional sulit menerima produk dari dalam negeri karena kualitas yang jauh dari standar internasional. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan berjibaku dalam pasar internasional, maka ada baiknya untuk selalu senantiasa meningkatkan standar kualitas produk setiap saat. Karena pada umumnya pasar internasional lebih mengutamakan kualitas suatu produk, mereka cenderung memilih produk yang berkualitas seberapa pun harga yang ditawarkan.

2. Selalu Melakukan Riset Pada Pasar

Riset pada pasar mutlak Anda perlukan untuk mengetahui bagaimana selera atau yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan melakukan riset, Anda menjadi tahu apa yang dibutuhkan oleh pasar, sehingga bisa membuat inovasi–inovasi yang disesuaikan dengan pasar. Dengan inovasi yang tepat, maka produk Anda akan semakin mempunyai daya saing yang tinggi di pasar internasional.

3. Pahami Regulasi Yang Berlaku

Regulasi atau aturan yang berlaku dalam dunia bisnis internasional tentu tidak sama dengan yang ada di dalam negeri. Pemahaman Anda tentang peraturan ekspor dan impor sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis dengan pangsa pasar luar negeri. Sedikit sulit memang aturan dalam ekspor dan impor, namun mau tidak mau Anda harus menguasainya karena Anda akan selalu berkecimpung di dalamnya.

Misalnya saja, sebelum Anda misalnya mengekspor produk Anda ke negara tertentu, Anda harus mengetahui apakah barang Anda diperbolehkan masuk negara tersebut atau tidak. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai pada negara tujuan juga harus Anda ketahui.

4. Konsisten Dalam Supplai Produk

Konsistensi dalam memberikan produk pada konsumen juga sangat diperhitungkan dalam perdagangan di luar negeri. Mereka tentu saja tidak mau dirugikan dengan keterlambatan pengiriman ataupun ketidakmampuan Anda memenuhi target yang mereka inginkan. Untuk hal ini, mereka sangat ketat dalam menjalankan kesepakatan.

Biasanya mereka akan memberikan penalti dalam klausul kontrak ketika Anda tidak mampu menyelesaikan kesepakatan yang telah dibuat bersama. Maka dari itu, kemampuan serta konsistensi Anda dalam memberikan pelayanan adalah menjadi hal yang sangat urgent.

 

Lakukan 4 Hal Jika Ingin Produk Anda Go Internasional

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *