Ghost Kitchen, Masa Depan Industri Kuliner yang Sedang Naik Daun

Apakah Anda memiliki latar belakang industri kuliner? Jika iya, mungkin istilah ghost kitchen atau cloud kitchen sudah tidak asing lagi. Konsep dapur ini memang digadang-gadang menjadi masa depan industri kuliner yang mengutamakan efisiensi. Jadi, sepertinya hal ini wajib dipelajari oleh siapa pun khususnya para pelaku bisnis kuliner.

Ghost Kitchen, Masa Depan Industri Kuliner

Meskipun sudah muncul sejak lama, cloud kitchen mulai berkembang pesat di masa pandemi. Hal ini dikarenakan adanya anjuran agar seluruh masyarakat tidak keluar rumah tanpa kepentingan mendesak ataupun dilarang mengunjungi tempat makan. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak pembahasan lengkap berikut ini.

Pengertian Cloud Kitchen

Mungkin beberapa orang masih bertanya-tanya mengenai apa itu cloud kitchen. Pada intinya, cloud kitchen adalah konsep di mana sebuah tempat makan tidak menyediakan area makan di lokasi. Artinya, pembelian hanya dilakukan melalui sistem delivery saja. Sekilas konsepnya hampir mirip dengan katering maupun pemesanan online pada umumnya.

Baca juga:  Ciri Jasa Penulis Artikel Jogja Kualitas Terbaik

Cloud kitchen kerap dipakai pebisnis ketika hendak membuka restoran baru ataupun memperluas restoran yang sudah ada. Jika dulu, konsep ini hanya melayani pengiriman dalam jarak tertentu saja, di era modern ini bahkan tidak ada batasan lokasi.

Lebih Baik Membeli atau Menyewa?

Secara umum, terdapat dua opsi yang bisa Anda pilih ketika ingin menerapkan konsep dapur ini. Pertama, Anda bisa menyiapkan dapur sendiri di rumah atau lokasi tertentu. Kedua, Anda juga dapat menyewa dapur tersebut sehingga hanya perlu berfokus pada membuat pesanan saja. Jika dibandingkan, keduanya sama-sama baik, tergantung dari kondisi Anda.

Apabila Anda memiliki cukup modal, pilihan pertama bisa menjadi jawabannya. Namun, biasanya orang merasa menyayangkan ketika harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli peralatan masak sehingga lebih memilih menyewa. Uang tersebut kemudian bisa dialihkan guna membeli bahan-bahan makanan atau melakukan promosi.

Rekomendasi Tempat Menyewa Cloud Kitchen

Memutuskan ingin menyewa namun masih bingung menemukan mitra yang tepat? Jangan khawatir, Anda bisa menyewa dapur dari Everplate. Sudah banyak testimoni mengenai layanan tersebut. Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi akan kualitasnya. Bahkan, Anda dapat mengunjungi website resminya di everplate.co.id jika ingin melihat informasi secara lengkap. Lalu, apa saja kelebihan Everplate?

Baca juga:  5 Restoran Paling Romantis di Amerika Serikat

1. Peralatan lengkap

Tidak bisa dipungkiri bahwa di balik makanan yang lezat terdapat peran penting kualitas peralatannya. Hal ini benar-benar diperhatikan oleh Everplate. Selain alat masak lengkap, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti takeout ledge, pemadam api, alarm kebakaran, saluran knalpot, wastafel, stop kontak, sistem gas, dan lain-lain. Dengan fasilitas tersebut, dijamin proses pembuatan pesanan akan menjadi lebih mudah.

2. Layanan memuaskan

Tidak hanya menyediakan fasilitas fisik saja, pelayanan yang diberikan juga tidak main-main. Terdapat layanan pengambilan kurir, staf pendukung di lokasi, perawatan berkala, akses Wi-Fi, serta keamanan 24/7. Inilah salah satu alasan kenapa banyak pebisnis kuliner percaya menggunakan Everplate dibandingkan penyewaan cloud kitchen lainnya.

3. Bisa lebih fokus pada peningkatan kualitas

Baca juga:  ¬†Intip Segudang Manfaat Air Mineral

Dengan adanya keuntungan-keuntungan di atas, satu-satunya hal yang perlu difokuskan hanya tinggal kualitasnya saja. Selain itu, mungkin pemasaran online juga perlu diperhatikan. Akan tetapi, hal ini jauh lebih mudah dibandingkan jika harus membuat dapur sendiri.

Jadi, bisa dikatakan bahwa ghost kitchen sepertinya akan terus digunakan hingga beberapa tahun ke depan. Bahkan, meskipun masa pandemi sudah berakhir dan orang diperbolehkan mengunjungi tempat makan, konsep dapur ini tetap tidak akan lenyap begitu saja.

Sebab setiap orang pasti menginginkan kemudahan dalam melakukan kegiatan, salah satunya adalah memesan makanan. Apabila ingin mengetahui lebih banyak lagi, maka bisa mengunjungi everplate.co.id agar bisa mengetahui lebih lengkapnya.

 

Ghost Kitchen, Masa Depan Industri Kuliner

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *