Kawat Seling dan Fungsinya

Kawat Seling dan Fungsinya

Kawat seling disebut juga wire rope sling (sling tali kawat baja). Yaitu tali yang terbuat dari kawat baja yang pada salah satu atau kedua ujungnya ditekuk menjadi semacam lingkaran.

Fungsi Kawat Seling

Kawat seling berguna untuk mengait dan mengangkat beban. Cara kerjanya beban dikaitkan pada lubang lingkaran yang ada di ujung kawat seling, lalu kawat seling disambungkan ke alat pengangkat. Jadi kawat seling menjadi semacam penyambung atau perantara antara beban dengan alat pengangkat.

Kawat seling sekilas memang terlihat sebagai alat yang tampaknya sederhana. Namun kegunaan dan keberadaannya sangat penting serta banyak digunakan dalam berbagai industri.

Karena digunakan untuk mengangkat beban yang berat dan penggunaannya pun bisa terus menerus. Maka kawat seling sering menerima hentakan, gesekan, dan tarikan dari beratnya beban yang diangkat.

Karena itu permukaan kawat seling terutama bagian dalamnya rawan terkikis sehingga lambat laun dapat aus. Untuk beban yang cukup ringan dengan frekuensi penggunaan yang jarang, kawat seling mungkin bisa langsung digunakan tanpa diberi semacam pelindung.

Namun pada berbagai industri kawat seling sering digunakan untuk mengangkat beban yang berat bahkan sangat berat. Karena itu diperlukan pelindung untuk melapisi permukaan kawat seling yang langsung bergesekan dengan beban.

Tujuannya agar kawat seling menjadi lebih awet, tidak mudah aus dan mencegah beban jatuh karena putusnya kawat seling yang ternyata sudah aus. Beban yang jatuh apalagi dari ketinggian tentu bisa rusak, bisa menimbulkan kerugian finansial juga bisa mengakibatkan kecelakaan kerja.

Thimble, Pelindung Kawat Seling

Pelindung kawat seling disebut thimble. Thimble ini bentuknya melengkung dan dipasang pada lingkaran kawat seling untuk melindungi permukaannya dari gesekan, hentakan, dan tarikan beban yang diangkat.

Varian thimble cukup banyak macamnya. Yang umum dijumpai di Indonesia adalah thimble standard, thimble heavy duty, thimble heavy duty tube, thimble solid, dan thimble solid DIN 3091. Karena kebutuhan yang berbeda misalnya berat beban yang akan diangkat berbeda-beda, maka dibutuhkan jenis thimble yang berbeda pula.

Thimble sendiri ukurannya harus betul-betul pas dengan ukuran kawat seling. Agar bisa terpasang dengan sempurna. Namun tidak perlu khawatir karena ukuran kawat seling dan ukuran thimble sudah distandarisasi sehingga ukurannya akan pas satu sama lain.

Thimble standard biasa digunakan untuk mengangkat beban yang tidak terlalu berat. Thimble heavy duty bentuknya hampir sama dengan thimble standard, dengan area pelindung kawat seling yang lebih lebar. Biasa digunakan untuk mengangkat beban yang lebih berat.

Thimble heavy duty tube juga digunakan untuk mengangkat beban yang berat. Terdapat tube atau tabung untuk memasukkan kawat seling pada thimble. Sehingga kawat seling lebih terlindung dan lebih tidak mudah lepas.

Thimble solid dan thimble solid DIN 3091 terbuat dari cats ductile iron dan mild steel. Kokoh dan kuat sehingga mampu mengangkat beban yang berat.

Untuk membeli kawat baja bisa melalui website Asmarines.com yang juga menyediakan jasa pembuatan kawat seling. Kawat seling yang sudah jadi akan di tes menggunakan test bed berkapasitas 200 ton. Sehingga praktis sekali, karena tidak usah mencari lagi jasa pengetesan kawat seling.

Asmarines.com juga menjual tali kawat baja berbagai jenis, sehingga bisa leluasa memilih tali kawat yang paling sesuai dengan kebutuhan untuk dibuat menjadi kawat seling. Juga tersedia thimble dengan berbagai tipe, sehingga tidak perlu lagi belanja perlengkapan kawat seling di tempat-tempat yang berbeda.

 

Kawat Seling dan Fungsinya

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.