Pengertian Pendapatan (Revenue) dan Penghasilan (Income)

Pengertian Pendapatan (Revenue) adalah pernyataan yang berhubungan dengan uang atau keuangan dari keseluruhan hasil usaha pokok produk atau jasa-jasa yang dilakukan oleh perusahaan dalam suatu periode. Secara sederhana revenue merupakan jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari hasil penjualan produk (barang atau jasa) dari pelanggan dan tidak berasal dari penanaman modal.

Pengertian Penghasilan (Income) adalah jumlah uang yang didapat dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu yang telah kurangi dengan harga pokok penjualan (HPP), beban dan biaya-biaya lainnya. Penghasilan (Income) lebih menitik beratkan pada pengertian pendapatan bersih (net income).

Pengertian Pendapatan (Revenue) dan Penghasilan (Income)

Perbedaan Pendapatan (Revenue) dan Penghasilan (Income)

Dalam ilmu ekonomi secara umum, terkadang income diartikan juga pendapatan. Namun dalam ilmu akuntansi pengertian income berbeda dengan revenue.

Pada dasarnya income bisa diperoleh dari kelebihan revenue atas biaya-biaya yang tidak dapat digunakan lagi untuk mendatangkan keuntungan pendapatan di masa mendatang (expired cost).

Dengan demikian, penghasilan (income) dapat diartikan pendapatan bersih atau laba bersih dari hasil usaha setelah dikurangi beban biaya, sedangkan pendapatan (revenue) dapat diartikan pendapatan kotor atau laba kotor dari usaha yang belum dikurangi beban biaya.

Pendapatan (revenue) sering disebut omzet penjualan. Sedikit berbeda dengan Pengertian Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Contoh Pendapatan dan Penghasilan

Untuk memberi gambaran tentang pengertian pendapatan dan penghasilan dalam operasional perusahaan atau perseorangan, berikut contoh sederhananya.

Amir menjual 10 kue yang dibeli dari pasar seharga Rp 1.000 per biji . Kue yang dibeli Amir di pasar 10 kue dengan harga Rp 500 per biji (harga pokok penjualan). Biaya operasional penjualan Rp 1000,-

Maka:

Pendapatan Amir dari penjualan adalah Rp 10.000,- Kue yang telah terjual.

Penghasilan Amir dari penjualan kue hanya sebesar Rp 4.000 (laba/income) yang diperoleh dari total penjualan = 10.000 (10 x 1.000) dikurangi pokok penjualan = 5.000  (10 x 500) dikurangi biaya operasional = 1.000. Atau 10.000 – (5.000+1000) = 4.000.

PT Lentera Bisnis memiliki usaha penjualan mebel. Dalam tahun 2015 jumlah uang yang masuk kas dari hasil penjualan mebel sebesar Rp.500.000.000,-. Namun PT Lentera Bisnis juga juga memperoleh penghasilan dari luar usaha penjualan mebel yaitu dari sewa pickup yang digunakan untuk mengangkut mebel sebesar Rp.75.000.000,-.

Maka:

Pendapatan (Revenue) dari PT Lentera Bisnis adalah Rp. 500.000.000,- bukan Rp. 575.000.000 karena 75.000.000 tidak termasuk operasional PT Lentera Bisnis.

Sedangkan penghasilan (income) PT Lentera Bisnis bukan Rp. 500.000.000 karena masih dikurangi biaya produksi, upah kerja, dan lain sebagainya.

 

Pengertian Pendapatan dan Penghasilan – Lentera Bisnis

Loading...

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *