Inilah Beberapa Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Tidak dapat dipungkiri bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional sehingga sangat penting dikuasai dalam era globalisasi saat ini. Apalagi bagi pebisnis yang ingin mengembangkan usaha secara global. Ingin belajar bahasa Inggris khusus untuk bisnis? Tidak perlu khawatir karena ada EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional yang menyelenggarakan program kelas untuk bisnis.

Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Bukan hanya untuk pebisnis saja, belajar bahasa Inggris perlu juga untuk semua orang. Berikut ini beberapa alasan mengapa perlu belajar bahasa inggris menurut EF Adults. Apakah itu? Simak tulisan di bawah ini

Bahasa Inggris Banyak Digunakan di Dunia 

Bahasa Inggris menjadi bahasa ‘default’ di berbagai aspek di hidup kita. Setiap membeli handphone baru, laptop baru atau sekedar membuka aplikasi atau website tertentu di internet, hampir seluruhnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Bahkan kini, dalam sisi pendidikan pun, sudah banyak kelas atau sekolah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan bahasa sehari-hari di sekolah.

Banyaknya sektor yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar membuat bahasa ini menjadi bahasa yang penting dalam segala aspek. Dengan mengetahui dan menguasai bahasa Inggris, akan meningkatkan value atau nilai dalam diri terutama saat melanjutkan pendidikan dan mencari pekerjaan.

Menguasai bahasa Inggris juga meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik di perusahaan multi nasional atau mendapat pekerjaan di luar negeri. Untuk itu ikut EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional menjadi salah satu upaya untuk mendapatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Bahasa Inggris menjadi bahasa pertama bagi lebih dari 400 juta orang di dunia. Selain itu, bahasa Inggris juga menjadi bahasa utama yang digunakan untuk melakukan komunikasi dalam dunia bisnis. Oleh karena itu untuk memasuki suatu usaha ataupun kegiatan perekonomian sangat dituntut untuk menguasai bahasa Inggris, terutama bagi usaha yang mempunyai aktivitas berhubungan dengan perusahaan-perusahaan di negara-negara lain.

Sebagai contoh, bisa kita lihat China. Sebagai salah satu Negara yang berperan sebagai pemimpin dalam inovasi bisnis dan pembangunan ekonomi, China tetap menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang mereka gunakan dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan antar Negara, atau antara perusahaan-perusahaannya.

Selain itu, bahasa Inggris menjadi bahasa resmi 53 negara yang ada di dunia. Ada banyak hal yang bisa dinikmati dengan penuh dan bisa berkenalan dengan orang di Negara-negara tersebut tanpa merasa kesulitan dengan menguasai bahasa Inggris.

Itulah sebabnya mengapa bahasa Inggris disebut sebagai bahasa yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Dimanapun berada, pasti ada orang atau hal lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi. Menurut survey, paling tidak 1 dari 5 orang yang ditemui, pasti mengerti dan dapat berbicara dalam bahasa Inggris.

Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Industri Media dan Internet

Selain menjadi bahasa pengantar segala ilmu pengetahuan, bahasa Inggris juga menjadi bahasa pengantar dari industri hiburan dan media di dunia (Language of the Media Industry). Walaupun memiliki jaringan yang menyediakan berita atau media yang menggunakan bahasa lokal, tapi bahasa Inggris tetap digunakan sebagai bahasa umum.

Misalnya salah satu media internasional BBC atau Reuters, walaupun memiliki beberapa platform yang menyesuaikan dengan bahasa Negara tertentu, kedua media ini tetap menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Hampir seluruh hal di internet menggunakan bahasa Inggris (Language of the Internet). Dari mulai search engine yang kita gunakan, hingga website-website yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa umum atau bahasa utama. Selain itu, internet biasanya memiliki banyak forum-forum diskusi dengan topik yang menarik di dalamnya. Dan banyak dari forum forum tersebut yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa untuk berkomunikasi satu sama lain.

Bisa bayangkan bagaimana jadinya jika tidak bisa bahasa Inggris sama sekali? Tentu akan sulit untuk mencari informasi, dan juga akan kesulitan saat ingin bergabung dengan suatu forum diskusi tertentu. Karena itu, sangat penting untuk belajar bahasa Inggris sedini mungkin.

Bahasa Inggris Mudah Dipelajari dan Memberi Kepuasan

Bahasa Inggris tersusun dari huruf alphabet yang sederhana dan tidak rumit (Simple to Learn). Walaupun banyak yang mengatakan bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari, tapi rupanya bahasa Inggris cukup mudah dan cepat untuk dipelajari. Dibandingkan bahasa lain yang menggunakan hurufnya sendiri seperti bahasa Arab, bahasa Korea atau Mandarin, belajar bahasa Inggris masih terhitung mudah.

Yang sering dirasa sulit adalah karena bahasa Inggris memiliki pengucapan yang berbeda dengan yang tertulis. Hal ini lah yang kadang sering membuat bingung orang-orang yang baru belajar. Tapi, hal ini memang dapat disiasati dengan terus berlatih dan banyak belajar. Saat sudah terbiasa, kemampuan kamu untuk mengeja atau mengucapkan suatu kata pasti akan meningkat dengan sendirinya.

Belajar bahasa Inggris dapat memberikan kepuasan tersendiri (English gives you satisfaction). Mengapa? Bahasa Inggris bukan hanya bahasa yang berguna untuk apapun tapi juga membuat seseorang dapat belajar untuk menghargai proses dalam suatu pembelajaran, dan mengetahui bagaimana berusaha untuk mencapai sesuatu.

Ada istilah ‘Practice makes perfect’ kan? Istilah ini juga berlaku dalam bahasa Inggris. Dengan banyak berlatih, kemampuan bahasa Inggris pasti akan meningkat sendirinya. Sambil belajar juga bisa mengukur sejauh mana perkembangan dan saat  bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik, dan pasti akan merasa puas dengan usaha yang telah dilakukan.

Belajar bahasa Inggris juga merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan (Because It’s Fun!). Dengan belajar bahasa Inggris, secara tidak langsung juga mempelajari suatu budaya baru yang akan mendorong untuk bisa masuk dan menyesuaikan diri menjadi bagian dari global community.

Dengan ditambah beberapa pengalaman menggunakan bahasa Inggris, akan menjadi seorang individu yang memiliki pemikiran yang terbuka, mengetahui nilai-nilai, kebiasaan dan cara hidup dari sebuah budaya yang bisa jadi sangat jauh berbeda dari budaya.

Bahasa Inggris Menawarkan Banyak Peluang (Offer Lots of Opportunities). Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa resmi dan sebagai bahasa pertama di banyak Negara. Sehingga, banyak sekali sekolah-sekolah ataupun universitas yang menawarkan program pendidikan berbahasa Inggris bahkan di Negara-negara seperti Korea atau Jepang. Dari sini terjadi pertukaran budaya yang hanya bisa kamu nikmati dengan penuh jika bisa berbahasa Inggris.

Salah satu tempat belajar bahasa Inggris yang tepat bagi kamu adalah EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional. Sesuai namanya “EF Adults” maka kursus ini merupakan salah satu kelas pembelajaran bahasa Inggris untuk kalangan dewasa dengan menggunakan metode belajar yang dirancang untuk siswa dewasa seperti mahasiswa, karyawan atau para profesional.

Sumber: https://www.kangandre.web.id/inilah-10-alasan-untuk-belajar-bahasa-inggris-versi-ef

 

Beberapa Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Loading...

Recommended For You

About the Author: Lentera Bisnis

Wiraswata bebas yang nggak mau terikat ikut berbagi informasi pengetahuan bisnis berdasarkan pengalaman dan dari sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *